Sejak peluncurannya pada dua tahun lalu, aplikasi Mitra Tokopedia diklaim oleh Tokopedia telah mempermudah banyak pegiat usaha tradisional untuk mengembangkan usahanya secara digital.
Para penggiat usaha tradisonal ini sebagian besar berasal dari sektor UMKM yakni pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya.
Dalam virtual press conference yang digelar Senin (2/11), Doni Nathaniel Pranama, Head of New Retail Tokopedia, mengatakan, “Kami sudah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan paling luas di Indonesia.”
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap ribuan Mitra pada Oktober 2020, ada berbagai dampak positif yang dirasakan para pegiat usaha tradisional.
Salah satu hasil survei tersebut, ditemukan fakta bahwa hampir 80% penggiat warung tradisional yang bergabung menjadi Mitra Tokopedia meraih keuntungan tambahan lebih dari 2x lipat.
Di sisi lain, pegiat usaha tradisional bisa merasakan beragam kemudahan. Mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan pembayaran hingga kehadiran sejumlah fitur, seperti Grosir dan Penjualan Produk Digital.
Fitur Grosir misalnya. Fitur yang telah tersedia di lebih dari 75 kota di Indonesia ini telah membantu pemilik warung membeli stok dengan lebih mudah, cepat dan efisien.
Data internal Tokopedia mencatatkan hampir 100% Mitra Tokopedia menghemat biaya transportasi lebih dari Rp50.000 per minggu dengan memanfaatkan fitur Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia.
Mostakim, pemilik usaha warung di Bogor, mengungkapkan manfaat yang dia rasakan dari penggunaan fitur Grosir terebut.
“Biasanya harus tutup warung sekitar 3 jam untuk belanja ke pasar. Sejak jadi Mitra Tokopedia tidak perlu lagi karena belanja stok bisa dari HP. Barang langsung dikirim ke warung dengan cepat. Di sisi lain, pendapatan bulanan warung saya juga jadi meningkat hingga Rp5 juta karena aplikasi Mitra Tokopedia,” ujar Mostakim.
Baca Juga: Melirik Cara Tokopedia Membangun Platform Marketplace-nya di iOS & Web
Penjualan Produk Digital Meningkat Selama Pandemi
Fitur Penjualan Produk Digital di aplikasi Mitra Tokopedia, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, dan lainnya, saat ini telah tersedia di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR