Dukung perlindungan terhadap pasien dan tenaga kesehatan (nakes), Telkomtelstra membantu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan adopsi Telehealth.
Telkomtelstra menggandeng ipSCAPE, Oracle dan SME, menyediakan solusi teknologi inovatif yakni Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement yang menjadi fondasi bagi layanan telehealth.
Dengan teknologi inovatif ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasien di poliklinik non-Covid.
Kurangi Risiko Terpapar Penyakit
Kehadiran layanan ini akan mengurangi risiko terpapar COVID-19 ketika berkunjung ke rumah sakit, sekaligus memperluas layanan kesehatan bagi lebih banyak pasien dengan aman.
Solusi teknologi Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement dapat membantu pasien yang terinfeksi atau dicurigai terpapar virus COVID-19 untuk dimonitor dan dinilai secara remote (jarak jauh) oleh RSUD Tarakan Jakarta terkait kondisi kesehatannya serta rekam medis penyakit yang sudah ada sebelumnya. Solusi ini diberikan untuk poliklinik dengan risiko COVID-19 yang tinggi dan penyakit komorbid, yakni untuk dokter spesialis paru, spesialis THT, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung dan spesialis syaraf.
Berbekal kedua teknologi tersebut, rumah sakit dapat mengidentifikasi penyakit dan memberikan perawatan yang tepat serta mengurangi interaksi fisik antara petugas medis dan pasien. Sebagai sarana untuk bisa melindungi petugas medis dari risiko virus COVID-19, teknologi ini juga secara transparan menyimpan segala rekam medis sebagai bentuk interaksi pasien dan dokter dalam bentuk digital.
“Kami sangat senang dapat mendukung RSUD Tarakan Jakarta dalam memberikan solusi telehealth yang bertujuan untuk mencegah kunjungan fisik pasien yang tidak kritis ke rumah sakit,” kata Agus F Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra.
Solusi Cloud Contact Center memungkinkan rumah sakit untuk melakukan panggilan keluar jarak jauh kepada pasien yang mendaftar melalui situs rumah sakit atau dirujuk oleh Puskesmas guna verifikasi dokumen pribadi serta penilaian informasi lebih lanjut. “Setelah itu, agen Contact Center akan memandu pasien untuk mengakses solusi teknologi kami yang lain, yakni Digital Customer Engagement, yang memungkinkan mereka untuk menjadwalkan dan melakukan konsultasi video online dengan dokter di rumah sakit,” jelasnya. Agus menambahkan bahwa Telkomtelstra siap untuk berkolaborasi dengan rumah sakit lainnya dengan kedua solusi ini. Kerja sama dapat dimulai dengan skema POC (proof of concept)/committed trial.
Drg. Dian Ekowati, MARS, Direktur RSUD Tarakan Jakarta mengatakan, peningkatan jumlah pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan akut di rumah sakit maupun di unit perawatan intensif (ICU) dan pasien konfirmasi positif tanpa gejala. Penerapan layanan telehealth dapat menjadi pilihan yang lebih aman bagi pasien dengan mengurangi potensi terpapar virus. Pada saat yang sama, teknologi ini juga dapat mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan dengan meminimalkan lonjakan jumlah pasien di fasilitas rumah sakit, sekaligus mengurangi penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh tenaga kesehatan.
“Bekerja sama dengan Telkomtelstra, kami memastikan komunitas di RSUD Tarakan Jakarta terus memiliki akses ke layanan kesehatan sembari mempraktikkan social distancing guna memutus rantai penyebaran COVID-19,” kata Drg. Dian Ekowati, MARS.
Solusi telehealth memungkinkan rumah sakit memberikan jawaban atas pertanyaan pasien dan mendiskusikan masalah secara real time dari jarak jauh, seperti pada kunjungan rumah sakit biasa, tetapi di lingkungan kenyamanan rumah pasien.
Tingkatkan Pengalaman Pelanggan & Daya Tanggap RS
Telkomtelstra bekerja sama dengan ipSCAPE, perusahaan Cloud Contact Center terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan cara yang aman dan nyaman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit dalam melakukan pemeriksaan pasien dan mengumpulkan informasi penting sebelum konsultasi langsung dilakukan.
Di masa pandemi COVID-19, ipSCAPE telah mendukung banyak bisnis global dengan solusi cloud terdepannya untuk memungkinkan pengaturan kerja yang fleksibel dan memastikan kelangsungan bisnis terus berjalan untuk aktivitas call center (pusat panggilan), temasuk di antaranya layanan pelanggan dan aktivitas penjualan.
“IpSCAPE bangga dapat bermitra dengan Telkomtelstra dalam menghadirkan teknologi cloud customer experience untuk mendukung penerapan 'virtual first' di rumah sakit selama pandemi COVID.” jelas CEO ipSCAPE Fiona Boyd. “Dengan meningkatnya permintaan untuk layanan dan dukungan rumah sakit selama pandemi, Cloud Contact Center dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan daya tanggap rumah sakit sambil menangani semua pertanyaan dengan aman. ipSCAPE menyediakan teknologi pengalaman pelanggan yang memungkinkan pasien untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit secara remote atau jarak jauh tanpa perlu kunjungan fisik dalam kasus situasi nondarurat,” tambah Fiona.
Hadirkan Konsultasi Kesehatan Virtual
Untuk Digital Customer Engagement, Telkomtelstra didukung oleh teknologi Digital Experience Solution dari Oracle. Bersama dengan Oracle, kolaborasi ini memperluas kemampuan telehealth rumah sakit untuk memberikan konsultasi pasien dengan dokter dan spesialis yang dilakukan secara virtual melalui video. Pasien sekarang dapat menerima konsultasi perawatan primer dari rumah, tempat kerja, atau lokasi lain yang mereka pilih.
“Dengan semakin berkembangnya berbagai fitur teknologi dalam memastikan penerapan praktik jarak sosial di masa pandemi, maka sangat penting untuk mengimplementasikan solusi teknologi yang dapat mendukung konsultasi dokter dilakukan secara remote dengan mudah, baik dari rumah maupun kantor pasien. Oracle sangat senang dapat mendukung Telkomtelstra dalam menyediakan teknologi pengalaman digital yang memungkinkan pasien menerima perawatan medis ini pada saat dibutuhkan.” ujar Jason Rutherford, SVP & GM, Oracle Communications Applications.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR