Seiring berubahnya gaya hidup dan gaya kerja ke dunia digital, terlebih selama pandemi, pelaku bisnis pun kian melirik platform komunikasi digital untuk berinteraksi dengan pelanggan.
Platform komunikasi yang sudah familiar bagi pelanggan tentu akan lebih disukai. Salah satu aplikasi perpesanan (messaging) yang jamak digunakan saat ini adalah WhatsApp. Dengan jumlah pengguna aktif per bulan sebanyak 2 miliar user di seluruh dunia dan tersedia di 180 negara, WhatsApp adalah aplikasi perpesanan (messaging) terpopuler saat ini.
Membantu penggunanya menjalankan bisnis, WhatsApp menyediakan WhatsApp Business. Aplikasi WhatsApp memang mudah digunakan, tapi untuk menjalankan usaha, ada fitur-fitur khusus untuk mengelola layanan pelanggan dengan lebih baik yang tersedia melalui produk WhatsApp Business.
Inilah beberapa fitur WhatsApp Business yang dapat membantu mengoptimalkan dan mengembangkan usaha Anda.
1.Katalog
Yaitu sebuah galeri menu untuk menampilkan produk dan jasa yang ditawarkan guna mempermudah pelanggan memilih produk yang ingin dibeli.
"Toko kami menawarkan banyak produk dari Maluku. Fitur Katalog membantu kami menampilkan produk kami yang paling laris sekaligus mempermudah pelanggan menemukan produk yang mereka inginkan,” kata Julika Hutapea, pemilik toko Ambon Manise.
Fitur ini baru saja diperbarui sehingga pelaku usaha kini dapat membuat dan mengelola katalognya melalui komputer. Pelaku usaha sekarang juga dapat “menyembunyikan” barang yang stoknya habis di katalog mereka. Pembaruan dari fitur ini dapat diakses melalui WhatsApp Business versi Web atau Desktop.
Untuk menambahkan produk dan jasa ke Katalog, buka aplikasi WhatsApp Business, ketuk opsi lainnya>Fitur bisnis>Katalog.
2.Keranjang
Ketika menyukai suatu barang, pelanggan bisa langsung menambahkan barang tersebut ke dalam keranjang dan memroses pesanan mereka lewat chat dengan pemilik usaha. Fitur Keranjang akan tersedia secara otomatis ketika pemilik akun bisnis mengaktifkan fitur Katalog.
“Kami bisa menghindari miskomunikasi dengan menggunakan fitur Keranjang. Pelanggan kami bisa menambahkan barang-barang pilihan mereka ke dalam keranjang, lalu kami datinggalpat melanjutkan pesanan mereka ke tahap transaksi,” kata Shah Aburrojab, pemilik Agradaya, pelaku usaha grosir di bidang perkebunan dari Yogyakarta.
3.Pesan Otomatis (Automated Messages)
Fitur ini bermanfaat ketika pelaku usaha tidak dapat menjawab pesan pelanggan sehingga pelanggan tahu kapan mereka akan direspon. Melalui fitur ini, pelaku usaha juga bisa membuat pesan sapaan untuk memperkenalkan usahanya ke pelanggan baru.
“Pesan otomatis memastikan Matoa menjawab pelanggan kapanpun, di manapun. Fitur ini sangat penting untuk pelaku usaha yang memiliki pelanggan dari mancanegara dengan perbedaan waktu,” kata Yanuar Ilmawan, pemilik usaha arloji Matoa.
Untuk mengatur pesan di luar jam kerja, ketuk opsi lainnya>Fitur bisnis>Pesan di luar jam kerja.
4.Balasan Cepat (Quick Replies)
Balasan Cepat memungkinkan pelaku usaha menyimpan dan menggunakan kembali format pesan untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan dengan cepat.
“Balasan Cepat sangat menghemat waktu saya dan membantu pelanggan saya mendapatkan respon dengan cepat,” kata Jessica Yuri, pemilik Make A Whiz yang menjual buku aktivitas untuk anak.
Untuk mengaktifkannya di Android, ketuk Opsi lainnya>Fitur bisnis>Balas cepat.
5.Label
Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengelola kontak dan obrolan/chat sehingga pelaku usaha dapat menemukannya lebih cepat.
“Label membantu kami mengelola obrolan-obrolan yang masuk dan mengategorikan apakah pertanyaan datang dari pelanggan baru atau pelanggan lama kami,” kata Sakinah, pemilik Pia Saronde, kue tradisional dari Gorontalo.
Untuk memberikan label pada pesan, ketuk dan tahan pesan tersebut. Ketuk Label>tambahkan label atau buat label baru. Sedangkan untuk mencari pesan berlabel, di layar chat, ketuk Opsi lainnya>Label>pilih label yang dicari.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR