Perusahaan e-commerce enabler, SIRCLO, mengumumkan proses akuisisi atas Warung Pintar, perusahaan ritel berbasis teknologi yang menyediakan rangkaian produk dan layanan digital bagi ekosistem bisnis warung.
Pasca akuisisi, Warung Pintar tergabung sebagai bagian dari SIRCLO Group untuk bersama-sama menghadirkan layanan omnichannel menyeluruh bagi principal atau brand, distributor, pelaku usaha, hingga end-consumer—baik secara online maupun offline.
Akuisisi ini akan menggabungkan hampir 2.000 karyawan, di mana Warung Pintar akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi sebagai layanan new retail di bawah payung SIRCLO Group.
Pada tingkat manajemen, Brian Marshal kini merupakan CEO SIRCLO Group dan Agung Bezharie (Co-Founder dan CEO Warung Pintar) akan memimpin pilar bisnis SIRCLO yang baru yakni layanan ‘New Retail’.
Selain itu, Danang Cahyono akan memimpin pilar bisnis ‘Enterprise Solutions’ dan Ferry Tenka akan memimpin pilar bisnis ‘Entrepreneur Solutions’.
Melalui akuisisi ini pula, SIRCLO Group mencatatkan pencapaian yakni lebih dari 150.000 brands yang telah dilayani secara akumulatif, lebih dari 500.000 pemilik warung atau toko kelontong, jangkauan terhadap lebih dari 25 juta end-consumers, dan lebih dari 80 titik distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Setelah lebih dari 8 tahun bergerak di model bisnis B2B (business-to-business) bagi brand berskala enterprise dan entrepreneur, kami menyadari bahwa ekosistem ritel tidak luput dari peran warung dan toko kelontong sebagai salah satu opsi pemenuhan kebutuhan harian masyarakat Indonesia. Pentingnya ketersediaan produk, efisiensi alur distribusi, kemudahan akses bagi brand untuk menjangkau para mitra hingga end-consumer, serta potensi warung terhadap sektor ekonomi secara umum, mendorong kami untuk turut berfokus pada model bisnis B2B2C dengan menggandeng Warung Pintar ke dalam ekosistem kami,” ujar Brian Marshal selaku CEO SIRCLO Group.
Brian menambahkan, langkah akuisisi ini merupakan wujud komitmen SIRCLO untuk memperluas layanan enabler dan mengakomodasi lebih banyak pelaku usaha dengan skala yang lebih luas agar dapat merambah pasar online.
Ke depannya, terdapat tiga kategorisasi utama pada pilar solusi dari SIRCLO Group, yaitu solusi bagi Enterprise, solusi bagi Entrepreneur atau wirausaha dan UMKM, serta model bisnis New Retail seperti warung.
Pada pilar New Retail, SIRCLO akan berfokus pada pemberdayaan warung melalui beragam produk dan layanan digital untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi pada alur distribusi, akses ke principal atau distributor nasional, ketersediaan produk, hingga pinjaman modal.
Sementara itu, melalui pilar Enterprise, SIRCLO menghadirkan layanan teknologi end-to-end yang dapat dikustomisasi bagi principal atau brand besar.
Adapun pilar bisnis Entrepreneur menyediakan layanan berbasis Software-as-a-Service (SaaS), termasuk penyediaan toko online siap pakai bagi bisnis berskala UMKM.
Agung Bezharie, Co-Founder dan CEO Warung Pintar, mengatakan, “Kita melihat bahwa langkah strategis ini akan menambah strategic value untuk mengakselerasi perkembangan produk dan layanan Warung Pintar.”
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR