Data saat ini menjadi komoditas terpenting sebagai dasar pengambilan keputusan di berbagai organisasi bisnis maupun nonbisnis.
Oleh karena itu, aktivitas pengumpulan data pun kerap dilakukan oleh perusahaan.
Dan berkat digitalisasi, proses pengumpulan data jadi semakin mudah. Apalagi di tengah pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini, moda pengumpulan data berbasis internet dan mobile kian menjadi pilihan.
Organisasi dan perusahaan dapat melakukan itu dengan memanfaatkan aplikasi form builder, seperti Google Forms.
Google Forms adalah sebuah tool pengumpulan data melalui survei atau kuis yang dipersonalisasi. Aplikasi pembuat formulir dapat dimanfaatkan untuk mengelola data registrasi event atau data polling.
Selain membuat survei, Google Forms juga memungkinkan pengguna menganalisis hasil survei. Aktivitas ini dapat langsung dilakukan dari browser, baik di komputer desktop maupun perangkat mobile. Dan tidak dibutuhkan software khusus untuk melakukannya.
Selanjutnya, informasi yang terkumpul secara otomatis akan disusun dalam sebuah spreadsheet sehingga pembuat survei dapat langsung memvisualisasikan hasil survei dalam bentuk bagan dan grafik.
Pengguna juga dapat mempersonalisasi formulir survei dengan menaruh foto atau logo perusahaan. Kemudian Google Forms akan menyesuaikan warna formulir dengan foto atau logo tersebut. Pengguna juga bisa memilih dari kumpulan pilihan tema yang tersedia.
Nah, bagaimana cara membuat formulir atau kuis di Google Forms menggunakan smartphone Android atau tablet?
Hanya diperlukan tiga langkah mudah.
Langkah selanjutnya adalah menyunting atau mengedit formulir sesuai kebutuhan.
Sebagai informasi, setelah membuat formulir baru, pengguna dapat menambahkan dan mengedit sampai dengan 300 buah konten, berupa pertanyaan, deskripsi, gambar, dan video. Dan pengguna dapat membuat sampai dengan 75 section pada formulir tersebut.
Untuk mengubah formulir menjadi kuis, klik Settings dan aktifkan slider "Make this a quiz". Atur setting untuk grade dan responden.
Jika survei atau kuis yang dibuat perlu dilengkapi alamat email responden, masih di halaman Settings, klik untuk mengaktifkan slider "Collect email address" di bagian untuk mengatur setting Responses.
Pengguna juga dapat memilih di mana jawaban responden akan disimpan.
Klik menu Responses pada formulir Google Forms.
Di menu Responses, klik titik tiga di sebelah kanan atas, lalu klik "Select response destination. Atau, langsung klik ikon spreadsheet.
Pengguna dapat memilih antara "Create a new spreadsheet" untuk membuat spreadsheet baru di Google Sheets.
Atau memilih "Select existing spreadsheet" jika pengguna ingin mengumpulkan jawaban responden di spreadsheet yang sudah ada di Google Sheets.
Ketuk "Create" atau "Select".
Setelah formulir selesai dibuat, pengguna dapat segera menyebarkannya ke responden atau pelanggan melalui email, link, media sosial (Facebook dan Twitter), atau dengan melekatkannya (embed) di webpage.
Caranya, klik tombol Send (berupa mata panah) di bagian atas formulir.
Pilih opsi pengiriman yang diinginkan. Dan kirim formulir.
Cukup mudah bukan?
Baca juga: Inilah Cara Mudah untuk Membuat Laman Survei dengan Google Forms
Baca juga: Lima Setting Penting di Google Forms untuk Kebutuhan Survei Perusahaan
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR