Kebutuhan perumahan masyarakat di Indonesia mencapai sekitar 800.000 unit per tahun, menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan angka backlog, atau selisih antara kebutuhan dan persediaan perumahan, yang cukup tinggi yaitu12,75 juta.
Kesenjangan ini bisa ditutup tentunya apabila ada titik temu antara kebutuhan dan pasokan unit rumah. Hal ini menjadi PR bersama banyak pemangku kepentingan (stakeholder) dalam ekosistem perumahan di Indonesia.
“Sementara BTN hanyalah sebagai salah satu stakeholder yang berpengaruh dalam ekosistem ini, yaitu yang mendukung dari sisi pembiayaan perumahan. Di luar itu ada developer, regulator, berbagai departemen, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, dan lain-lain,” jelas Andi Nirwoto, Direktur IT & Digital, PT Bank Tabungan Negara Tbk. Di sini, menurut Andi, tantangannya adalah kolaborasi di antara para pemangku kepentingan tersebut.
BTN sebagai bagian dari satu rangkaian industri ini terus berperan dalam meningkatkan dan mengeratkan kolaborasi tersebut untuk mencari solusi yang tepat bagi kebutuhan perumahan rakyat.
“Hal ini menjadi penting bagi kami karena perumahan adalah satu dari tiga kebutuhan utama penduduk. Oleh karena itu, bagi kami ini adalah salah satu tugas atau misi yang sangat penting,” tandasnya.
Inovasi Digital di Sisi Konsumen dan Backend
Teknologi memang tidak serta merta dapat mengatasi tantangan tersebut. Namun bagi Divisi IT & Digital yang dikomandani Andi Nirwoto, sumbangsih yang bisa dilakukan adalah memberikan efisiensi biaya, kemudahan, dan kecepatan layanan pembelian rumah bagi nasabah melalui aneka inovasi digital.
“Sekarang, misalnya kita memerlukan atau akan membeli rumah, kita cukup menggunakan portal digitalnya BTN, yaitu BTN Properti. Kita tidak perlu lagi keliling ke berbagai lokasi perumahan. Nah, ini kan cukup memangkas waktu sehingga menciptakan satu efisiensi. Belum lagi nanti ketika pemrosesan di bank, yang dulunya manual, document-based sekarang berbasis digital,” papar Andi.
Portal BTN Properti juga menjadi sebuah ekosistem bagi para mitra menawarkan jasa yang berhubungan dengan perumahan, misalnya mitra untuk jasa pemeliharaan rumah, renovasi, jasa arsitek, bahkan notaris (terkait kebutuhan kredit rumah).
“Yang ingin saya sampaikan juga di sini adalah (portal) ini adalah keunggulan BTN jika dibandingkan dengan bank-bank umum lainnya,” ujarnya.
Kemudian BTN juga menyediakan BTN Mobile yang berbasis superapp untuk mobile banking yang juga mengusung fitur untuk pengajuan KPR. “Superapp ini sudah gandeng dengan BTN Properti Portal, tapi layanannya belum seratus persen sama antara di aplikasi mobile dan di portal karena disesuaikan dengan preferensi nasabah. Jadi, ini ibaratnya seperti staging. Namun untuk layanan yang inti sudah sama (antara mobile dan portal), seperti simulasi dan pengajuan KPR, ” jelas Andi.
BTN pun menyediakan aplikasi khusus untuk para pengelola gedung, seperti apartemen dan komplek perumahan, yaitu BTN Smart Residence. “Jadi misalnya penghuni apartemen mau membayar IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) atau mau komplain ke pengelola gedung bisa melalui aplikasi BTN Smart Residence. Nah ada aplikasi yang untuk konsumen dan ada yang untuk admin gedung,” jelas Andi Nirwoto seraya menambahkan bahwa BTN Smart Residence juga ditawarkan sebagai aplikasi white label.
Untuk menyokong transformasi BTN yang fokus mendorong sektor perumahan rakyat melalui aspek pembiayaan, digitalisasi tentu tidak hanya di sisi bisnis. “Kami tentu juga akan memperkuat beberapa lini lainnya, termasuk back office. Misalnya, digitalisasi terkait pengelolaan human capital,” cerita Andi. Ia mencontohkan penerapan analitik untuk melihat kinerja SDM.
BTN juga akan membangun wealth management system untuk nasabah prioritas, mengembangkan sistem custody, sistem treasury, sistem collection, call center, dan lain-lain. “Termasuk digitalisasi agunan. Jadi kalau ambil KPR, sertifikatnya kan disimpan. Nah, (sertifikat ini) kami digitalkan dengan basis QR. Jadi untuk kontrol secara jarak jauh, secara remote dan sebagainya akan lebih mudah, dibanding secara manual,” ujarnya lagi.
Manfaatkan Cloud, IoT, Blockchain
Untuk menopang berbagi layanan digital yang akan mendorong sektor perumahan rakyat maupun sistem back office, BTN memanfaatkan beberapa teknologi-teknologi terkini, misalnya cloud computing. “BTN ini salah satu bank yang paling depan dalam hal utilisasi cloud, misalnya untuk portal BTN Properti dan mobile banking,” terang Andi.
BTN, menurutnya, mau tak mau harus memiliki infrastruktur berlapis karena tuntutan nasabah yang sudah sangat tinggi khususnya dalam hal ketersediaan layanan. “Sehingga infrastruktur tidak hanya di on-premises tapi juga kita punya di cloud, terutama untuk menghandle ketika terjadi lonjakan transaksi,” jelas Andi.
Ia pun menjelaskan bahwa BTN terbilang agresif dalam membangun cloud. “Kami juga membangun tata kelola cloud-nya, mempunyai engineer cloud, termasuk prosedur-prosedurnya,” imbuh Andi.
BTN juga sudah mengimplementasikan Internet of Things, berupa API management. “Itu contoh penggunaan IoT yang real di perbankan. Memang masih dasar tapi yang paling intens di perbankan karena menyangkut fleksibilitas. Kami gunakan internet as a platform, tidak perlu lagi narik kabel,” jelasnya.
Teknologi lain yang sedang dikaji Andi Nirwoto dan timnya adalah blockchain. “Misalnya untuk pengiriman uang. Tapi ini belum production,” ucapnya.
Menjawab pertanyaan mengenai pemanfaatan artificial intelligence (AI), Andi berucap BTN bersikap hati-hati mengingat posisi perbankan sebagai industri yang harus mengikuti atura-aturan yang ketat. Menurutnya, jangan sampai teknologinya terlalu advanced tapi prosedurnya belum disesuaikan. “Sehingga yang ada malah terjadi kesalahan-kesalahan terus,” ujar Andi.
Baca juga: BTN Gandeng Alibaba Cloud untuk Perbarui Sistem Mobile Banking-nya
TI Sebagai Pusat Pembelajaran
Selain menjawab tantangan backlog perumahan di Indonesia, aneka inovasi digital yang dikembangkan tim IT & Digital tersebut juga menjadi salah satu strategi yang akan membawa BTN pada pencapaian visinya, yaitu menjadi bank terbaik di bidang perumahan di Asia Tenggara, atau The Best Mortgage Bank in Southeast Asia, pada tahun 2025.
Dan Andi Nirwoto dipandang jajaran pimpinan BTN sebagai sosok yang tepat untuk membawa bank kelima terbesar di Indonesia itu untuk mewujudkan visinya. Pertama, karena lulusan Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada ini telah berkecimpung di dunia perbankan selama 25 tahun.
Selain itu, Andi juga telah “mencicipi” berbagai posisi di divisi TI, terutama ketika ia masih berkarier di Bank BNI, mulai dari bagian pengembangan atau development, IT security, dan IT operations. “Intinya kalau ditanya tentang perjalanan karier, pengalaman saya memang full spesialis IT,” tutur pria asal Purbalingga, Jawa Tengah ini seraya tertawa kecil.
Namun bukan berarti Andi ngoprek teknologi semata. Menurutnya, sebagai orang TI, ia justru merasa mendapat “bonus” berupa pengetahuan di luar TI itu sendiri. “Di IT saya bisa belajar kredit, bisa belajar funding, bisa belajar transaksi, apa saja, karena kita kan harus tahu prosesnya. Terlebih sekarang, bisnis memerlukan IT. Jadi malah ibaratnya jadi pusat pembelajaran,” paparnya.
Hal ini ia rasakan betul, terutama beberapa tahun belakangan, yaitu saat peran TI mulai berubah. “Kalau dulu (TI) cuma support, ibaratnya kita tahunya di belakang. Nah kalau sekarang itu kita sebagai bagian dari pengembangan proses juga dari depan dengan teman-teman bisnis,” imbuh Andi.
Tiga Pilar Implementasi Teknologi
Yang menarik untuk disimak juga adalah filosofi Andi Nirwoto dalam bekerja, yaitu selalu hands on, terjun langsung di bidang pekerjaannya, dalam posisi sebagai atasan sekalipun. Dan berkaca dari pengalaman panjangnya di bidang teknologi perbankan, peraih gelar Master dari University of Kentucky, Lexington, Kentucky, AS ini melihat ada tiga pilar yang perlu diperhatikan organisasi TI, terutama dalam konteks bank.
Menurut Andi, organisasi TI tidak hanya harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, tapi juga memikirkan bagaimana perkembangan teknologi tersebut dapat benar-benar bermanfaat bagi bisnis.
“Tantangan berikutnya adalah orangnya. Sebagai contoh misalnya kita implementasi mobile banking terbaru di BTN. Buat orang IT, tantangannya bukan sekedar mengembangkan, selesai, lalu ditinggalkan. Tidak begitu. Tapi bagaimana teman-teman bisnis memahami (aplikasi itu), bagaimana akuisisi atau menjual ke nasabah. Itu satu rangkaian,” ujarnya.
Tantangan yang tak kalah peliknya adalah risiko operasional yang melekat pada setiap penerapan teknologi. “Misalnya (risiko) security, itu bisa datang dari teknologinya, bisa dari datang dari prosesnya, atau mungkin datang dari orangnya,” kata Andi.
Dalam melihat tantangan ini, pria yang sejak kecil sudah bercita-cita menjadi seorang engineer ini selalu mengingatkan rekan-rekannya, terutama di perbankan, bahwa TI bukanlah software host.
“Tapi kita adalah banker, jadi pada saat mengembangkan suatu solusi atau layanan yang berbasis teknologi digital, kita harus ingat tiga pilar tadi sebelum meluncurkan atau menjualnya ke nasabah,” ujarnya.
Hal-hal itu terus diterapakn oleh Andi Nirwoto dan timnya dalam inovasi dan pengembangan layanan yang pada akhirnya menjadi bagian dari solusi yang menjawab kebutuhan masyarakat akan rumah yang layak huni dan terjangkau.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR