Dengan jumlah umat Muslim mencapai 86,7%, Indonesia pun menjadi ceruk pasar yang menggiurkan bagi para pelaku e-commerce. Bagaimana memanfaatkan ceruk pasar ini di bulan Ramadan, bulan yang istimewa bagi umat Islam?
Pemilik brand dan penjual lokal harus gesit memanfaatkan momen ini dengan menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang melesat di bulan Ramadan ini.
Lazada menyarankan agar brand dan penjual lokal jangan hanya memperhatikan tren produk, tapi juga menawarkan layanan terbaik dengan mengenal dan memahami penggunaan fitur dan layanan platform belanja online seperti Lazada.
Hal itu disampaikan oleh Rika Yeo, mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual Lazada atau City Leader Lazada Club, dalam Lazada Ramadan Seller Festival 2024. Lazada Ramadan Seller Festival 2024 sendiri adalah acara Lazada yang digelar Lazada pada 13 Maret 2024 yang memberikan ruang wawasan baru bagi brand dan penjual lokal agar bisa mempersiapkan strategi bisnis dan pemasaran untuk menghasilkan lonjakan transaksi online di bulan Ramadan.
Alumni Alibaba Netpreneur ini menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omzet selama bulan Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini.
Secara khusus, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan yaitu kategori Food & Beverages (43%), Fashion & Accessories (27%), dan Beauty & Personal Care (20%) jelang bulan Ramadan tahun ini (YouGov, 2024).
“Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” Rika Yeo memberikan saran.
Nah apa saja jurus jitu yang dibagikan Rika Yeo agar performa maksimal di platform Lazada di bulan Ramadan ini?
1. Pelajari performa omzet dan produk toko
Gunakan dasbor Seller Center di platform Lazada untuk mengakses fitur Bisnis Analis dan menentukan target dengan tingkat omset saat ini. Selain itu, lihat rekomendasi produk yang cocok untuk dipromosikan di toko Anda, yang dihasilkan dari prediksi analitis berbasis AI yang ada di fitur Bisnis Analis.
2. Gunakan promo dan diskon khusus bulan Ramadan
Fitur promo dan diskon menjadi daya tarik yang kuat untuk mendorong pembeli check out produk Anda, apalagi dengan penawaran promosi eksklusif selama bulan Ramadan, seperti hampers dan bundling produk. Jangan lupa untuk gunakan promo gratis ongkir dan voucher toko yang tersedia di Lazada!
3. Perhatikan kebutuhan pembeli dan tren produk di bulan Ramadan
Bulan Ramadan cocok dijadikan momen berbagi dengan kerabat atau sahabat tercinta. Rika menemukan bahwa bulan Ramadan memicu masyarakat untuk mencari produk-produk yang lekat dengan kata ‘kebersamaan’ seperti takjil dan kurma, ‘berbagi’ seperti parsel, hampers Ramadan, dan sembako, dan ‘lebih baik’ yaitu kosmetik, pakaian Muslim, peralatan salat serta perlengkapan rumah tangga.
4. Sesuaikan strategi penjualan dengan perilaku belanja konsumen
Setelah mengetahui produk apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, pastikan Anda menyesuaikan strategi seiring dengan perubahan tanggal selama bulan Lebaran. Misalnya, di minggu pertama kamu fokus untuk mempromosikan kategori fesyen seperti gamis atau baju koko, kemudian di minggu kedua kamu fokus untuk mempromosikan kategori elektronik seperti ponsel hingga laptop.
Targetkan promosi untuk produk terlaris Anda di minggu-minggu terakhir jelang Lebaran untuk performa penjualan yang lebih baik, mengingat adanya pencairan Tunjangan Hari Raya (THR).
5. Fokus pada penjualan produk populer di toko Anda dan produk yang tren di masa Ramadan
Lebih baik fokus menerapkan strategi untuk produk yang populer demi memaksimalkan keuntungan. Untuk mempromosikan produk populer tersebut, Rika merekomendasikan empat langkah, yaitu gunakan fitur promosi kampanye Lazada, memasang harga yang kompetitif, pastikan stok produk cukup untuk menjawab kebutuhan konsumen, dan tingkatkan minat konsumen dengan diskon dan fitur gratis ongkir.
6. Terapkan layanan bintang lima bagi pembeli
Loyalitas pelanggan bisa Anda dapatkan dari pelanggan selama Anda bisa menjaga layanan toko secara konsisten dan memuaskan. Rika menerapkan 4 Langkah Service Bintang 5, yaitu memiliki customer service yang responsif, pastikan pengiriman dan penanganan pesanan yang cepat, ajak pembeli untuk aktif memberi saran untuk brand, dan terus menjaga interaksi dengan pembeli agar tidak gampang lupa dengan brand Anda.
"Komitmen Lazada terhadap brand dan penjual lokal Indonesia selalu dan akan tetap kuat. Dengan semangat inovasi, kami terus mengejar pertumbuhan berkelanjutan, tidak hanya bagi Lazada, namun juga bagi brand dan penjual lokal yang ada di platform kami. Lazada Ramadan Seller Festival yang diselenggarakan bertepatan dengan bulan suci yang paling dinantikan masyarakat Indonesia menjadi dorongan untuk brand dan penjual lokal Indonesia memanfaatkan momentum Ramadan untuk meningkatkan penjualan. Di festival belanja Ramadan kali ini, kami siap mendukung brand dan penjual lokal dengan serangkaian program dan fitur berteknologi mutakhir, khususnya bagi brand dan penjual lokal yang siap untuk terus tumbuh bersama Lazada,” ujar James Chang, CEO Lazada Indonesia.
Lazada Ramadan Seller Festival 2024 dihadiri oleh ratusan brand dan penjual lokal yang ada di Lazada dan menampilkan pemaparan dari para ahli di Lazada, mentor penjual bersertifikasi LazStar Trainer, serta pembicara ahli lainnya. Berbagai topik dihadirkan dalam acara ini, mulai dari program dan fitur terbaru di Lazada, hingga kiat dari top seller Lazada untuk penjualan berlipat dan penuh berkah selama bulan Ramadan.
Baca juga: Tips Laris Manis Jualan Kuliner Online di Bulan Ramadan 2024
Baca juga: Begini Saran Google untuk Tingkatkan Penjualan Online di Bulan Ramadan
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR