Keamanan dan keselamatan menjadi salah satu faktor penting yang diperhatikan pengguna layanan transportasi online.
Sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online, Gojek menyatakan bahwa keamanan dan keselamatan pelanggan merupakan prioritas utama perusahaan.
Rubi Purnomo, SVP Corporate Affairs Gojek mengungkapkan, “Prioritas tersebut kami tunjukkan dengan pemanfaatan teknologi terkini, untuk memberikan rasa aman saat menggunakan aplikasi Gojek. Kami juga bekerja ekstra keras melebihi standar industri dengan menerapkan langkah proteksi tambahan serta edukasi berkelanjutan untuk menciptakan budaya aman di dalam ekosistem kami.”
Gojek sendiri memiliki beberapa fitur dan Langkah keselamatan yang bisa digunakan oleh pengguna jika sewaktu-waktu dibutuhkan, di antaranya:
1. Fitur Bagikan Perjalanan
Di awal perjalanan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi kepada kerabat. Informasi mencakup lokasi penjemputan dan pengantaran, informasi mengenai driver dan kendaraannya, status perjalanan dan estimasi waktu tempuh, hingga jalur yang dipilih driver dalam perjalanannya.
Selain berfungsi untuk meningkatkan keamanan dengan membagikan informasi perjalanan ke keluarga atau kolega terdekat, fitur ini juga membantu menginformasikan estimasi serta waktu tempuh perjalanan.
2. Tombol Darurat
Di tengah perjalanan, jika ada kejadian darurat, Gojek bisa membantu pelanggan maupun mitra driver melalui Tombol Darurat.
Fitur ini terhubung dengan Unit Darurat 24 Jam yang hadir di berbagai wilayah operasional dan terlatih untuk merespon laporan dengan beperspektif korban serta berkoordinasi dengan otoritas terkait saat menangani keadaan darurat.
Tak hanya itu, tim Unit Darurat Gojek juga menyiagakan layanan ambulans.
3. Manfaatkan titik jemput sesuai yang terdapat di aplikasi Gojek
Gojek menyediakan ratusan titik jemput, area tunggu pelanggan maupun shelter mitra driver yang berada di lokasi-lokasi strategis atau pun berada area-area transportasi publik seperti airport, terminal bus, stasiun kereta, pusat perbelanjaan dan lain-lain
Perisai Hijau di Aplikasi Gojek
Seluruh perjalanan Gojek, baik GoRide maupun GoCar telah dilindungi oleh asuransi untuk meminimalisir dampak risiko selama perjalanan.
Di luar asuransi dasar tersebut, sebelum memulai perjalanan, pelanggan juga dapat mengaktifkan perlindungan tambahan ‘PerjalananAman+’ hingga Rp350 juta.
Gojek juga hadirkan fitur Verifikasi Muka mitra driver dan penyamaran nomor telepon (Number Masking).
Tak hanya berfungsi untuk memastikan kesesuaian identitas dan kendaraan mitra driver Gojek, hal ini untuk memastikan kenyamanan masyarakat saat berkomunikasi dengan mitra driver Gojek.
Nantinya nomor telepon pengguna dan mitra driver akan disamarkan untuk menjamin keamanan data pribadi kedua pihak.
Rubi menambahkan pengguna cukup ingat ‘perisai hijau’, untuk menggunakan ragam fitur tersebut.
“Pengguna bisa mempelajari perangkat keamanan layanan transportasi Gojek yang akan muncul bahkan sejak pemesanan baru di buat. Langkah ini bisa dipelajari dan digunakan dengan meng-klik tombol Tombol Perangkat Keamanan Gojek berbentuk perisai hijau di halaman perjalanan. Di dalamnya terdapat seluruh informasi dan fitur terkait keamanan mulai dari informasi asuransi perjalanan, fitur bagikan perjalanan, fitur tombol darurat serta pilihan untuk memberikan masukan pelayanan,” pungkas Rubi.
Baca Juga: Gojek Hadirkan Program Promo Spesial ‘Emak Hemat’, Ini Daftar Promonya
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR