Label smartphone murah dengan spesifikasi unggulan hingga hari ini masih dipegang vendor asal China, Xiaomi. Sampai-sampai beberapa pesaing menganggap Xiaomi menjadi
perusak harga pasar.
Terlepas dari itu, strategi ini pun sukses membuat Xioami merangsek ke empat besar vendor dengan pengapalan global terbesar, merajai pasar India, sekaligus menduduki
peringkat dua merek smartphone terlaris kedua di Indonesia pada kuartal terakhir.
Xiaomi semakin memanjakan Mi Fans dengan meluncurkan debut Pocophone F1, sub-brand Xiaomi yang menyandang gelar smarpthone Snapdragon 845 paling murah.
Pocophone F1 mulai dilepas ke pasaran dengan harga Rp 4,5 juta untuk varian RAM 6 GB dan memori 64 GB.
Dimana rata-rata vendor akan mematok harga di atas Rp 5 juta jika mengadopsi Snapdragon 845.
Baca Juga : Goyang Samsung, Xiaomi Jadi Vendor Ponsel Terbesar Kedua di Indonesia
Lalu, apakah Xiaomi akan tetap bertahan memproduksi ponsel premium murah?
Managing Director Xiaomi India, Manu Kumar Jain mengatakan, Xiaomi tetap berkomitmen untuk menjual produknya dengan harga terjangkau. Saat ditanya apakah Xiaomi akan
meluncurkan smartphone seharga 699 dollar AS, dimana kabarnya harga tersebut akan menjadi harga termurah iPhone baru yang akan meluncur, Manu menjawab sangat tidak
mungkin.
Menurutnya, sebagaimana dirangkum dari WCCF Tech, belum ada teknologi smartphone yang digunakan Xiaomi untuk mengharuskan mereka mematok harga jual 699 dollar AS atau setara dengan Rp 10,5 juta.
Xiaomi sesumbar akan tetap pada batas marjin keuntungan sebesar 5 persen dan belum berniat menambah keuntungan lagi dengan menjual ponsel di harga belasan juta.
Baca Juga : Xiaomi Poco F1, Smartphone dengan Prosesor Snapdragon 845 Termurah
Strategi menjual smartphone dengan harga miring juga mendorong penetrasi Xiaomi di pasar berkembang seperti India dan Indonesia, di mana vendor kelas atas seperti
Apple susah payah menempuh pasar negara tersebut.
Strategi "triatlon" adalah kunci tetapi bukan tidak mungkin Xiaomi menaikan harga produknya. Jika idealisme mereka terhadap keuntungan marjin benar adanya, maka alasan
lain yang menyebabkan harga jual naik adalah harga komponen dan ongkos produksi yang meningkat.
Namun, Xiaomi punya cara sendiri untuk mengakalinya dengan memasang strategi yang mereka sebut "triatlon". Dengan model bisnis ini, keuntungan Xiaomi lebih
mengandalkan pada loyalitas Mi Fans yang berkesinambungan dan layanan internet sesuai keinginan konsumen, bukan dengan mematok harga tinggi.
Prosesor yang tangguh dan baterai jumbo menjadi fokus utama Xiaomi dengan mengorbankan bagian pelapis ponsel. Hal itu memungkinkan konsumen bisa menggenggam ponsel berspesifikasi unggulan dengan harga terjangkau.
Baca Juga : Harga Murah Spek Canggih, Pocophone F1 Bisa Picu Perang Harga
Hingga saat ini, ponsel termahal Xiaomi secara global masih dipegang Mi 8 Explorer Edition dengan harga sekitar Rp 8,1 juta saat diluncurkan.
Kabarnya, smartphone Xiaomi berbanderol mahal akan disusul Mi Mix 3 yang akan segera rilis dengan desain kamera geser.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Xiaomi Bakal Ikutan Jual Ponsel Rp 10 Jutaan?".
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR