Find Us On Social Media :

Diminta Gratiskan Internet Saat Pandemi Corona, Ini Respons Menkominfo

By Adam Rizal, Rabu, 15 April 2020 | 15:30 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan operator seluler telah berkontribusi sebesar Rp1,9 triliun selama masa darurat wabah Covid-19 akibat infeksi virus corona (SARS-CoV-2) di Indonesia.

Bentuk kontribusi tersebut berupa internet gratis diantaranya berbentuk internet gratis di sekolah, kampus dan lembaga pendidikan.

"Sebelum diminta sudah diberikan oleh opsel (operator seluler) sebesar Rp 1,9 triliun per bulan selama masa darurat kesehatan," kata Johnny.

Meski demikian, Menkominfo Johnny G. Plate juga meminta kepada operator untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas dan layanan internet di Indonesia.

Johnny mengatakan saat ini terjadi perubahan pola penggunaan internet selama masa karantina dan pemberlakukan PSBB.

Biasanya penggunaan internet terbesar berada di kawasan kantor atau sekolah, saat ini penggunaan internet berubah ke kawasan perumahan.

"Normal biasanya besar di gedung kantor dan sekolah. Saat ini (besar) di perumahan. Ada peningkatan internet 5 hingga 10 persen. Masih di bawah tahun lalu saat hari raya peningkatan bisa 20 sampai 30 persen," tutur Johnny.

Namun, Johnny yakin kapasitas jaringan telekomunikasi masih mampu menghadapi lonjakan dan perubahan lalu lintas (traffic) data ini.

Operator sesuaikan kapasitas jaringan

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Ririek Adriansyah mengatakan operator telah mengeluarkan investasi baru untuk menyesuaikan pola penggunaan internet.

Apabila operator tidak melakukan penyesuaian, Ririek memprediksi kapasitas jaringan di kawasan perumahan tidak dapat menampung lonjakan lalu lintas data internet.

"Nanti masyarakat ketika menggunakan layanan dari rumah, ini tidak hanya yang sedang kuliah atau sekolah, tetapi yang bekerja, menjadi tersendat, maka dari itu kami harus menambah kapasitas," kata Ririek.