Find Us On Social Media :

Inilah Cara Tokopedia Kelola Infrastuktur dengan SRE dan Multi Cloud

By Rafki Fachrizal, Rabu, 22 Juli 2020 | 18:15 WIB

Ilustrasi Kantor Tokopedia

Awal tahun ini, tepatnya 22 Februari 2020, Tokopedia menggelar konferensi teknologi pertama dan terbesarnya yang bertajuk START 2020.

Acara itu dihadiri lebih dari 2.000 peserta yang hadir langsung di venue dan 76.000 penonton di aplikasi Tokopedia melalui Tokopedia Play.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat, Tokopedia berinisiatif untuk melanjutkan acara tersebut dengan menggelar Tokopedia START Summit Extension yang diadakan tiap bulannya.

START Summit Extension sendiri digelar secara online (YouTube Live dan Tokopedia Play) dengan mengangkat tema-tema menarik dan edukatif seputar teknologi yang dibawakan langsung oleh para engineer dari Tokopedia.

Untuk di bulan Juli ini, START Summit Extension berlangsung pada 21 Juli 2020 dan mengangkat tema “The Fantastic Heroes of All Things Tech”. 

Dari tema tersebut, ada dua topik utama yaitu Managing Infrastructure with SRE Mindset dan How How Tokopedia Works with Multi Cloud Network. 

Lebih lanjut, berikut informasi yang InfoKomputer rangkum dari pembahasan kedua topik tersebut.

Baca Juga: Tokopedia: Pesanan Lewat TokoCabang Naik 2,5 Kali Lipat Saat Pandemi

1. Managing Infrastructure with SRE Mindset

Saat ini, Tokopedia merupakan salah satu e-commerce besar di tanah air dengan transaksi harian yang tinggi di platformnya.

Untuk menjamin kenyamanan para penggunanya, Tokopedia pun menerapkan berbagai strategi terkait mengelola infrastuktur teknologi di perusahaannya.

Djelaskan oleh Prima Adi (Senior Software Engineer – Cloud Platform, Tokopedia), Tokopedia mengelola infrastruktur teknologinya saat ini menggunakan SRE (Site Reliability Engineering) mindset.

SRE sendiri pertama kali dicetuskan oleh Google. Menurut Prima, secara definisi SRE adalah saat di mana kita (perusahaan) meminta software engineer untuk mendesain bagaimana operation teams bekerja.