Find Us On Social Media :

Microsoft: ISV Mampu Mendorong Transformasi Digital di Era Pandemi

By Rafki Fachrizal, Jumat, 16 Oktober 2020 | 20:47 WIB

Ilustrasi Microsoft

Menurut CEO Microsoft Satya Nadela, dalam lima tahun ke depan, sekitar 500 juta aplikasi akan dibuat di seluruh dunia. Ini akan melebihi jumlah aplikasi yang dibuat selama 40 tahun terakhir.

Di Asia Pasifik, vendor perangkat lunak independen (Independent Software Vendors/ISV) memegang peranan penting dalam pembuatan aplikasi di atas platform pihak ke tiga. Mereka adalah katalisator terbesar untuk pertumbuhan adopsi cloud di wilayah ini.

Dari startup oleh mahasiswa hingga penyedia solusi TI yang mapan, ISV hadir dalam berbagai ukuran, tetapi mereka disatukan oleh tujuan yang sama: mendorong transformasi digital melalui solusi teknologi inovatif.

“Kami bangga melihat banyaknya ISV di Asia Pasifik yang telah menciptakan solusi digital yang unik dan penting saat negara dan organisasi bergulat dengan pandemi. Baik membantu petugas perawatan kesehatan dan pemerintah untuk membuat keputusan yang tepat maupun memungkinkan kelangsungan bisnis dan menjalankan segala sesuatu dari jarak jauh, setiap solusi dibangun dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan. Dari alat deteksi pneumonia hingga platform yang mendukung pembelajaran jarak jauh, solusi ISV ini menjadi solusi dalam merespon COVID-19,” kata Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Baca Juga: Microsoft Luncurkan Highway to a 100 Unicorns untuk Startup Asia Pasifik

Responden Digital Pertama yang Mendukung Pekerja Garis Depan Selama Pandemi

Pandemi telah membebani penyedia layanan kesehatan di seluruh dunia dengan tuntutan besar untuk tes, diagnosis dan perawatan.

Di Korea Selatan, Lunit mengembangkan INIGHT CXR, perangkat lunak kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) yang dibuat dengan Azure, yang mendukung ahli radiologi dalam menafsirkan hasil sinar-X dada untuk mendeteksi dan mendiagnosis infeksi COVID-19 secara instan.

Alat tersebut telah digunakan di Daegu, provinsi yang paling parah terkena virus. Di belahan dunia lain, Lunit INSIGHT CXR juga telah dipasang di PreventSenior, salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Brasil.

Selain perawatan kesehatan profesional, pejabat pemerintah juga berada di garis depan dalam upaya melawan pandemi.

Dialog Digital telah bekerja sama dengan pemerintah Thailand untuk membangun dasbor live dari situasi global yang berkembang, memanfaatkan Azure dan Power BI.

Ketersediaan data ini telah melengkapi pemerintah dengan informasi penting yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat bagi warganya.

Pembelajaran Jarak Jauh dan Keterampilan Digital untuk Masa Depan yang Inklusif