Find Us On Social Media :

Review Lenovo Legion 7i (15IMHg05): Performa Tinggi dan RGB Meriah

By Dayu Akbar, Selasa, 15 Desember 2020 | 17:30 WIB

Lenovo Legion 7i.

Lenovo menghadirkan laptop untuk bermain gim alias gaming canggih melalui seri terbarunya yaitu Legion 7i. Laptop untuk bermain gim yang dipersenjatai oleh Intel ini hadir dalam dua SKU, dan unit yang kami uji memiliki spesifikasi paling tinggi. Prosesor yang digunakannya adalah Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Comet Lake, tepatnya Intel Core i7-10875H yang memiliki 8 core dan 16 thread dengan frekuensi kerja alias clock sampai 5,1 GHz. Seperti diketahui bahwa prosesor dengan kode H merupakan prosesor mobile yang menawarkan TDP lebih tinggi dari kode U sehingga menawarkan performa lebih mumpuni.

Menemani Intel Core i7-10875H, Lenovo Legion 7i (15IMHg05) yang kami uji menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER Max-Q Design. Kartu grafis model Max-Q memang kerap jadi pilihan beberapa laptop untuk bernaim gim yang mengejar dimensi lebih tipis dan konsumsi daya lebih rendah dengan performa yang tetap tinggi.

Backlight RGB tidak terdapat pada kibor saja, tetapi juga pada beberapa sisi seperti lis di area bawah sisi samping dan depan, porta USB, serta lubang ventilasi di bagian belakang.

Untuk memori utamanya, laptop ini menggunakan memori utama berkapasitas 16 GB dan sudah kanal ganda. Sebagai penunjang performa yang kencang, media simpannya menggunakan SSD yang memanfaatkan PCI Express 3.0 x4. Skor pengujian menggunakan Crystal Disk Mark menunjukkan performa pembacaan sekitar 3.000-an MB/s dan penulisan sekitar 3.000-an MB/s; merupakan skor kencang untuk sebuah SSD. Tidak hanya itu, kapasitasnya sebesar 1 TB juga terbilang besar untuk SSD.

Layarnya memiliki spesifikasi yang memenuhi segala kebutuhan atlet Esport sampai pembuat konten. Di antaranya layar yang menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD, response time 1 ms, dan refresh rate 144 Hz. Makin menarik dengan spesifikasi lainnya berupa color gamut sebesar 100% AdobeRGB serta tingkat kecerahan 500 cd/m2. Laptop itu juga dilengkapi dengan NVIDIA G-SYNC untuk tampilan yang lebih halus tanpa tearing.

Laptop untuk bermain gim dengan performa tinggi tentu menghasilkan panas yang lebih tinggi. Umumnya laptop tipis lebih rentan pula akan suhu panas karena ukuran ruang dalam laptop yang lebih kecil. Karena itu, laptop ini menyertakan sistem pendingin khusus. Penggunaan kartu grafis Max-Q tadi, memungkinkan Lenovo menggunakan kipas pendingin dengan ukuran yang lebih tipis.

Bekerja sama dengan Corsair, kibornya memiliki warna-warni RGB per zona yang bisa diatur melalui peranti lunak iCue dengan pilihan profil yang tersedia atau dipilih secara manual.