Find Us On Social Media :

IBM Perkuat Sinergi dengan Partner, Luncurkan Website untuk Permudah Customer Temukan Solusi Teknologi yang Tepat

By Fathia Yasmine, Senin, 18 Januari 2021 | 17:36 WIB

Ilustrasi IBM Business Partner

Percepatan transformasi digital saat ini semakin terasa di seluruh dunia, terlebih setelah pandemi Covid-19 merebak. Teknologi-teknologi baru yang berkembang mulai diterima dan diadopsi banyak perusahaan sebagai solusi agar tetap kompetitif serta relevan dengan persaingan bisnis terkini.

Namun, layaknya proses membuka lembaran baru, keinginan melakukan percepatan transformasi digital nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Kendala yang kerap dihadapi adalah kurangnya kesiapan perusahaan, seperti sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur digital, hingga kesalahan persepsi mengenai fleksibilitas teknologi yang dipilih.

Hal itu disampaikan oleh Partner Channel Manager IBM Aditya Halim. Ia mengungkapkan perusahaan penyedia layanan TI pun bisa saja kurang tepat dalam memberikan solusi teknologi yang dapat dengan mudah diadopsi dan relevan dengan perusahaan.

“Kami (penyedia TI) melihat kadang-kadang itu (teknologi) dilihatnya sebagai produk saja dan itu yang jadi kendala ketika konsumen ingin mengadopsinya, karena yang dicari konsumen adalah solusi” kata Aditya kepada redaksi Infokomputer ketika dihubungi melalui video conference, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Makin Moncer, Begini Cara Pasang Aplikasi Signal di Smartphone Android

Guna menghindari hal tersebut, IBM meluncurkan platform IBM Business Partner yang dihadirkan melalui website interaktif . Melalui platftorm ini, IBM ingin memperkenalkan solusi-solusi praktis yang dimiliki para partner dengan kombinasi teknologi software dan hardware milik IBM di dalamnya.

Country Manager Partner Ecosystem IBM Indonesia Novan Adian  menyebut, kehadiran website ini juga ditujukan agar perusahaan mampu menemukan gambaran solusi yang tepat untuk berbagai permasalahan yang sedang mereka hadapi.

“Melalui ekosistem yang ada di IBM, kami memfasilitasi konsumen dan partner untuk bisa berkolaborasi menciptakan solusi. Tentunya dengan bantuan IBM di belakangnya,” kata Novan pada kesempatan yang sama.

Tak tanggung-tanggung, IBM turut menggandeng distributor PT Blue Power Technology, PT Sinergi Wahana Gemilang dan PT Techdata serta para partner terkemuka. Setidaknya terdapat sembilan kategori teknologi dan sebelas klasifikasi industri yang dapat dipilih oleh konsumen sebagai referensi.

Baca Juga: Bagaimana Solusi Data Backup Veeam Membantu Suntory Garuda Beverage

Selain itu, Novan menyampaikan, terdapat sejumlah fitur yang dihadirkan oleh IBM Partner Solution. Pertama, studi kasus dari setiap industri, di mana perusahaan dapat melihat keterkaitan antara permasalahan yang dihadapi dengan solusi yang ditawarkan.

Use cases bisa dilihat para konsumen (melalui website), jadi kira-kira, ini nih solusi yang pas untuk perusahaan saya (ketika mereka mengunjungi website),” lanjut Novan.