Find Us On Social Media :

Nih! 7 Keuntungan Memakai Program Payroll

By Adam Rizal, Jumat, 17 September 2021 | 18:55 WIB

Talenta by Mekari

Perusahaan yang memiliki karyawan dalam jumlah banyak tentunya akan sangat merepotkan jika melakukan penggajian menggunakan cara manual. Untuk itu di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, tidak hanya bidang kesehatan dan pertanian yang sudah berinovasi, namun juga bidang bisnis, khususnya manajemen keuangan dan SDM.

Inovasi aplikasi penggajian sistem payroll sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat seperti yang ada di Talenta by Mekari, selengkapnya kita akan bahas dalam artikel ini.

Apa yang dimaksud Program Payroll?

Program payroll atau biasa juga disebut Human Resource Information System (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mampu membantu Anda dalam mengelola data karyawan serta pelaksanaan manajemen SDM, khususnya dalam mengatur proses penggajian karyawan.

Sehingga dengan adanya Program Payroll, maka suatu perusahaan dapat dengan mudah memproses penghitungan gaji serta memberikannya kepada karyawan berdasarkan jumlah jam kerja atau absensi yang semua datanya terintegrasi dalam sistem program payroll.

Fungsi Sistem Program Payroll

Cara kerja Program Payroll perusahaan, yaitu bekerja sesuai data yang ada dalam sistem, lalu sistem tersebut secara otomatis akan menarik dana gaji atau dana deposito perusahaan ke rekening karyawan yang sudah didaftarkan di akun bank.

Sebelumnya program payroll sudah menghitung potongan tunjangan dan pajak sebelum jumlah gaji di total dan hasil penghitungannya kemudian setelah jumlah gaji kotor telah ditentukan, sistem secara otomatis menghitung potongan seperti pajak, asuransi, dan BPJS Kesehatan/ Ketenagakerjaan.

Kemudian semua jumlah potongan tersebut akan dimasukkan langsung ke jumlah gaji kotor sebelum akhirnya secara otomatis dikirim ke rekening karyawan Anda masing-masing.

Tidak hanya itu saja, saat ini juga tersedia Program Payroll yang otomatis mampu menambahkan penggantian biaya reimbursement, pengobatan yang tidak menggunakan BPJS, serta pengeluaran karyawan lainnya secara otomatis.

Perlu Anda ketahui bahwa semua data karyawan tersimpan rapi dalam bank data yang disebut cloud, sehingga aman dan tertata dengan rapi. Sistem bekerja sesuai dengan permintaan dan kebutuhan penggunanya.

Tidak hanya itu saat ini dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, fitur-fitur Program Payroll semakin lengkap sesuai kebutuhan penggunanya, sehingga manfaatnya semakin banyak..