Find Us On Social Media :

MediaTek: Tahun Ini Peluang Menambah Pangsa Pasar Smartphone Flagship

By Cakrawala, Senin, 22 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Meski MediaTek memiliki pangsa pasar terbesar untuk SOC smartphone di dunia, pangsa pasarnya untuk SoC smartphone flagship dan premium masih minim. MediaTek menilai tahun ini adalah peluang menambahnya. Hal itu disampaikan MediaTek melalui bincang-bincang virtual dengan InfoKomputer dan beberapa media Indonesia lain baru-baru ini.

MediaTek baru-baru ini secara virtual menyampaikan keberhasilan meningkatkan pangsa pasarnya untuk SOC smartphone secara global kepada media-media Indonesia. Setidaknya menurut Counterpoint, MediaTek memang berhasil menjadi vendor SoC smartphone dengan pangsa pasar terbesar di dunia sejak kuartal ketiga tahun 2020. Bila pada keseluruhan tahun 2020 pangsa pasar MediaTek untuk SoC smartphone secara global diklaim sebesar 32%, pada tahun 2021 lalu pangsa pasar tersebut diklaim mencapai 42%.

Namun, MediaTek menambahkan bahwa pangsa pasarnya untuk SoC smartphone flagship dan premium masihlah minim. Kehadiran sejumlah SoC flagship dan premium MediaTek yang dimulai akhir tahun lalu diyakini bisa menjadi jawaban. MediaTek pun menilai tahun 2022 ini adalah peluang menambah pangsa pasarnya untuk SoC smartphone flagship dan premium. Adapun SoC yang dimaksud adalah MediaTek Dimensity 9000, MediaTek Dimensity 8100, dan MediaTek Dimensity 8000.

Dari ketiga SoC untuk smartphone itu, MediaTek Dimensity 9000 adalah yang flagship, sedangkan MediaTek Dimensity 8100 dan MediaTek Dimensity 8000 adalah yang premium. Mengenai MediaTek Dimensity 9000 bisa dilihat di sini, sedangkan mengenai MediaTek Dimensity 8100 dan MediaTek Dimensity 8000 bisa dilihat di sini. Belakangan juga hadir MediaTek Dimensity 9000+ dengan frekuensi kerja alias clock lebih tinggi dari MediaTek Dimensity 9000.

"Untuk pangsa pasar Android berdasarkan wholesale price band, MediaTek sejak dulu selalu menikmati pangsa pasar yang sangat kuat pada perangkat-perangkat entry sampai menengah," ujar Anuj Sidharth (Deputy Director, Marketing & Communications MediaTek) sembari menambahkan tidak demikan halnya dengan segmen flagship dan premium yang mana pangsa pasar MediaTek sangat kecil.

"Nah, November 2021 kami telah meluncurkan flagship kami chipset Dimensity 9000 dan saya yakin banyak dari Anda juga menyadari hal yang sama. Berlanjut tahun ini, awal tahun 2022, kami memperkenalkan chipset Dimensity 8100 dan 8000 yang membawa fitur-fitur tingkat flagship dari Dimensity 9000 ke para smartphone 5G premium," sambung Anuj Sidharth sambil menyebutkan sejumlah produsen smartphone telah meluncurkan produk yang memakai SoC MediaTek Dimensity yang dimaksud beberapa bulan belakangan.

Pendapatan Meningkat Signifikan

Sejalan dengan pangsa pasar MediaTek yang makin besar, MediaTek juga mengatakan bahwa pendapatannya pada tahun 2021 meningkat signifikan dibandingkan sebelumnya. MediaTek mengeklaim pendapatannya di dunia mencapai US$17,6 miliar pada tahun 2021, meningkat lebih dari 60% dibandingkan tahun 2020 yang mencapai US$10,9 miliar. Tak hanya itu, MediaTek pun mengeklaim pendapatannya meningkat 32,1% pada kuartal pertama lalu dibandingkan kuartal pertama tahun 2020. Besarannya sendiri adalah sekitar US$5,1 miliar.