Find Us On Social Media :

Aruba: NaaS untuk Dukung Ketangkasan Perusahaan, Apa Manfaatnya?

By Liana Threestayanti, Rabu, 28 September 2022 | 19:00 WIB

Salah satu layanan terbaru dalam kerangka modernisasi jaringan dari Aruba adalah Network-as-a-Service (NaaS). Apa itu NaaS dan manfaatnya? (Foto ki-ka: Justin Chiah (Senior Director, SEATH, HPE Aruba); David Hughes (Chief Product & Technology Officer, HPE Aruba); Prakash Krishna Moorthy (Senior Director, India, HPE Aruba).

Salah satu layanan terbaru dalam kerangka modernisasi jaringan dari Aruba adalah Network-as-a-Service (NaaS). Apa itu NaaS dan manfaatnya?

Dalam modernisasi jaringan, NaaS diposisikan Aruba, perusahaan Hewlett-Packard Enterprise (HPE), sebagai solusi yang memungkinkan perusahaan memiliki ketangkasan (agility) untuk cepat beradaptasi dengan perubahan. Kemampuan ini menjadi penting apabila kita mengingat “pelajaran” penting dari pandemi COVID-19, yaitu siap menghadapi apa saja.

Baca juga: Aruba: Saatnya Modernisasi Jaringan, Ini Tiga Prinsip Utamanya

“Ini salah satu dari tiga hal yang diinginkan pelanggan dari Aruba, membantu mereka lebih fleksibel. Dan satu hal yang diajarkan pandemi kepada kita adalah kita harus gesit, cekatan (dalam menghadapi perubahan),” David Hughes, Chief Product & Technology Officer, HPE Aruba menjelaskan tren yang melatarbelakangi dikembangaknnya NaaS. 

Menurut David, pergeseran yang terjadi di ranah konsumen pun kini terjadi di bidang TI dan jaringan. Konsumen masa kini cenderung memilih untuk membeli layanan dani pengalaman ketimbang membeli barang. 

“Pergeseran itu pun nyata di TI dan jaringan saat ini. Kami dituntut untuk menyajikan tidak hanya pengelolaan perangkat tapi juga kemampuan menghantarkan layanan kepada pelanggan,” ujar David dalam kesempatan media briefing di sela-sela acara Aruba Atmosphere’22 SEATH & India, di Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu.

NaaS sebenarnya bukan layanan yang benar-benar baru di Aruba. Sebelum ini, Aruba sudah menyediakan layanan yang disebut David dengan istilah custom NaaS. David memaparkan, Aruba memang memulai layanan ini dari “puncak piramida”, yaitu layanan untuk perusahaan berskala besar dengan masalah jaringan yang sangat kompleks.

Salah perusahaan yang telah mengimplementasikan custom NaaS adalah The Home Depot. Perusahaan Amerika di bidang retail untuk home improvement ini ingin sepenuhnya mengalihdayakan infrastruktur jaringan di 2000 lebih tokonya. Kisah sukses The Home Depot dan NaaS dapat dibaca di sini

Pengalaman dengan custom NaaS ini, menurut David Hughes, memberikan pelajaran penting bagi Aruba tentang cara menyajikan layanan semacam ini. “Jadi di tahun 2022 ini kami berpikir untuk membawa layanan ini bagi perusahaan berskala kecil dan menengah, dengan melibatkan mitra kami. Kami ingin mendemokratisasi Naas,” tandasnya. 

Baca juga: Bisa Dicontoh, Kiat The Home Depot Sajikan Pengalaman Di Gerai Fisik & Online

Analogi Layanan TV Kabel

Gayung bersambut, studi terbaru Aruba juga mengungkapkan adanya peningkatan minat terhadap layanan Network-as-a-Service.