Find Us On Social Media :

Nih! 11 Cara Mudah Bikin Invoice, Pakai Aplikasi ini Lebih Cepat

By Adam Rizal, Senin, 14 November 2022 | 20:15 WIB

Majoo.id

Invoice atau faktur merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Sehingga ketika kamu bekerja sebagai karyawan administrasi maka kamu harus bisa membuat invoice setelah kamu menyelesaikan transaksi, sehingga bisnis kamu dapat berjalan.

Sementara itu, jika kamu seorang pelaku bisnis yang telah memiliki pengalaman, maka pasti amu sudah tahu bagaimana membuat invoice atau faktur. Namun, bagi mereka yang baru memulai bisnis, mungkin tidak tahu cara membuat faktur yang benar.

Untuk itu, mari pelajari lebih lanjut apa itu invoice dan manfaatnya serta cara mudah membuat invoice untuk bisnis kamu.

Apa itu Invoice?

Invoice atau faktur dalam KBBI mengacu pada ringkasan yang berisi informasi tentang nama, jumlah, dan harga yang harus dibayar oleh pembeli. Dengan invoice, kamu dan pelanggan dapat mengetahui jumlah total tagihan yang harus dibayar.

Selain itu, invoice juga akan menunjukkan kepada pelanggan waktu maksimum yang harus dia bayar untuk pembelian. Dengan kata lain, invoice sangat penting untuk membantu kelangsungan bisnis yang kamu.

Banyak orang menganggap invoice sama dengan bill of exchange atau bukti pembayaran. Namun, tagihan ternyata jauh lebih besar dari itu. Jadi mengapa faktur penting bagi pelaku bisnis? Mengapa penagihan penting untuk bisnis?

Sebelum mempelajari cara membuat invoice, tahukah kamu  fungsi dari invoice itu sendiri? Saat mendirikan bisnis, kunci untuk menjalankan bisnis yang baik adalah perencanaan keuangan yang menyeluruh.

Apabila struktur keuangan perusahaan tidak baik maka akan berdampak negatif terhadap kemajuan usaha. Nah, invoice merupakan poin penting bagi bisnis kamu untuk menyimpan catatan keuangan yang akurat dan efisien.

Tujuan utama dari invoice adalah sebagai bukti pembayaran yang akan memberikan informasi lengkap tentang asal usul transaksi, nama dan jumlah tagihan, serta tanggal terakhir pelanggan dapat membayar tagihan.

Setelah menerima faktur, pelanggan dapat memeriksa kualitas produk yang dibeli untuk mengurangi keluhan di masa mendatang jika produk yang dibeli tidak sesuai dengan invoice. Selain itu, faktur juga merupakan dokumen penting untuk mencatat pengeluaran bisnis.

Invoice sangat diperlukan untuk akuntansi bisnis. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah mengikuti kemajuan perdagangan.