Find Us On Social Media :

Strategi Searce Tingkatkan Value dan Keuntungan Pelanggan dengan Cloud

By Adam Rizal, Jumat, 17 Maret 2023 | 17:15 WIB

Benedikta Satya (Country Director Searce di Indonesia)

Persaingan bisnis cloud semakin ketat di Indonesia dengan munculnya beberapa perusahaan besar yang memasuki pasar. Apalagi, Indonesia memiliki jumlah populasi penduduk terbesar di Asia Tenggara dan penetrasi Internet yang tinggi.

Faktor itu membuat Indonesia sangat seksi di mata para perusahaan layanan cloud. Perusahaan-perusahaan raksasa seperti Amazon Web Services (AWS) dan Google Cloud Platform (GCP) semakin intens mempromosikan layanan cloud di Indonesia.

Menurut laporan dari IDC, pasar cloud publik di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 1,8 miliar dolar pada 2023. Pertumbuhan pasar ini didorong oleh peningkatan permintaan dari bisnis di berbagai sektor, termasuk e-commerce, keuangan, dan manufaktur.

Searce, perusahaan konsultan teknologi yang berfokus pada solusi cloud, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan analitik data memiliki beberapa strategi khusus untuk memangkan persaingan bisnis cloud yang sangat kompetitif di Indonesia dan menjawab ekspektasi para pelanggannya.

Apalagi saat ini perusahaan digital di Indonesia dihadapkan dengan fenomena Tech Winter yang menggambarkan kondisi perusahaan rintisan atau startup berbasis teknologi mulai tumbang dan gugur satu persatu. Tech winter juga dikenal sebagai kondisi di mana terjadi penurunan minat dan investasi dalam sektor teknologi.

Benedikta Satya (Country Director Searce di Indonesia) mengatakan Searce tertantang membantu perusahaan digital di Indonesia untuk selamat menghadapi fenomena Tech Winter yang telah membuat beberapa bisnis perusahaan jatuh, melakukan PHK bahkan ada yang tutup.

"Bagaimana teknologi itu tidak memberatkan tetapi membantu mereka (para pelanggan). Misalnya, mereka punya failure di beberapa operasional. Searce hadir memberikan solusi atau optimasi sehingga bisnisnya tidak turun," ujarnya.

Benedikta atau yang kerap disapa Bene menjelaskan salah satu penyebab perusahaan melakukan efisien pengurangan pegawai atau PHK karena perusahaan tidak bisa mencapai target dan investor yang mulai menarik dana investasinya. Hal itu membuat perusahaan harus menurunkan cost atau Opex-nya.

"Searce terus membantu perusahaan melakukan optimasi sehingga bisnis mereka kembali sustain dan stabil," katanya.

Strategi Bisnis

Tim Searce di Indonesia

Persaingan pasar cloud di Indonesia yang ketat karena Indonesia adalah pasar yang menjanjikan. Karena itu, Searce pun harus tampil berbeda dari pemain lainnya sehingga dapat mengambil hati pelanggan.