Find Us On Social Media :

Takut Militer China Kuat, AS Hentikan Pasokan GPU AI Nvidia

By Adam Rizal, Kamis, 19 Oktober 2023 | 09:00 WIB

Chip AI Nvidia H100

Amerika Serikat (AS) akan menghentikan pengiriman semikonduktor canggih berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Nvidia ke China untuk mengantisipasi penguatan pertahanan militer China dengan teknologi AS.

Kebijakan itu akan berlaku dalam waktu 30 hari ke depan. Sebelumnya, pemerintahan Presiden AS Joe Biden juga membatasi ekspor semikonduktor dan peralatan pembuat chip ke negara-negara seperti Iran dan Rusia.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan kebijakan baru ini akan menutup celah dalam peraturan yang dikeluarkan pada bulan Oktober tahun sebelumnya, dan mungkin akan diperbarui setiap tahunnya.

"Kebijakan ini bertujuan untuk membatasi akses China ke teknologi semikonduktor canggih yang dapat mendorong kemajuan AI dan komputer canggih, terutama dalam konteks aplikasi militer," katanya seperti dikutip Reuters.

Meskipun demikian, pemerintah AS menekankan bahwa kebijakan ini tidak dimaksudkan untuk merugikan China secara ekonomi. China masih akan terus mengimpor semikonduktor senilai ratusan miliar dolar dari AS.

Namun, perwakilan kedutaan besar China dengan tegas menentang pembatasan tersebut, mengklaim bahwa langkah-langkah semacam ini yang diterapkan secara sepihak atau dengan kekerasan bertujuan memisahkan diri demi kepentingan politik, melanggar prinsip-prinsip ekonomi pasar dan persaingan yang sehat, serta dapat melemahkan ekonomi global dan peraturan perdagangan.

Sebelum peraturan ini diberlakukan, chip AI Nvidia yang sekarang dilarang dapat dengan mudah dibeli dari vendor di Shenzhen, China. Laporan dari Pusat Keamanan dan Pengembangan Teknologi Universitas Georgetown menunjukkan bahwa sebagian besar dari 97 chip AI yang dibeli oleh militer China selama periode 8 bulan pada tahun 2020 dirancang oleh perusahaan-perusahaan seperti Nvidia, Xilinx, Intel, dan Mikrosemi.

Penggunaan kemampuan AI yang diperkuat oleh superkomputer dan semikonduktor canggih telah membantu meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan logistik dalam konteks militer.

Beli Lewat Pasar Gelap

Ilustrasi Chip AI (Artificial Intelligence)

Nilai impor semikonduktor dari Amerika Serikat (AS) ke China anjlok 14,6 persen selama sembilan bulan pertama tahun 2023. Anjloknya impor dari China itu disebabkan oleh penerapan kebijakan AS yang super ketat.

AS khawatir dengan perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan China yang berkembang pesat. Ironisnya, kehebatan inovasi AI China saat ini ditunjang dengan pasokan teknologi dari AS.