Find Us On Social Media :

Review MSI Prestige 13 AI Evo A1M: Laptop AI Ringan Tangguh Luar Dalam

By Dayu Akbar, Rabu, 15 Mei 2024 | 21:00 WIB

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Tren teknologi AI yang sedang naik daun coba dihadirkan MSI di salah satu lini laptop unggulan terbarunya yaitu MSI Prestige 13 AI Evo A1M. Tidak hanya itu, beberapa peningkatan lain juga disematkan pada laptop ini dibanding generasi sebelumnya. Diantaranya jadi salah satu laptop keluaran MSI yang sudah menggunakan prosesor generasi terbaru yaitu Intel Core Ultra series.

Penamaan seri MSI Prestige 13 AI Evo sendiri memiliki arti pada tiap katanya. Seri Prestige merupakan lini laptop yang ditujukan untuk kalangan profesional dengan mobilitas tinggi. Angka 13 menunjukkan layarnya yang memiliki ukuran 13,3 inci.

Sementara penamaan seri AI menegaskan hadirnya teknologi NPU (Neural Processing Unit) yang terintergrasi dengan prosesor Intel Core Ultra Series. NPU inilah yang berguna untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan AI. Sedangkan Evo merupakan sertifikasi dari Intel untuk suatu laptop yang mampu memberikan keunggulan dalam hal performa dan efisiensi, dimensi ringan dan tipis, serta daya tahan baterai yang tangguh.

Bodi Ringkas dan Tangguh

Seperti disebut sebelumnya seri Prestige ditujukan MSI bagi kalangan profesional dengan mobilitas tinggi. Oleh karena itu laptop ini hadir dengan dimensi yang tipis dan ringan sehingga tidak membebani saat dibawa bepergian. Bobotnya tidak sampai 1 kg atau hanya seberat 0,99 kg, sementara ketebalannya hanya 1,69 kg. Tampilannya minimalis dan klasik yang mencerminkan segmen yang dituju. Yang menarik, bodi laptop ini menggunakan magnesium aluminum alloy yang merupakan material yang kuat namun ringan. Ketangguhannya ditandai dengan sertifikasi yang sudah lolos uji ketahanan militer MIL-STD-810G.

Bodinya menggunakan chassis megnesium aluminium alloy yang tangguh dan juga sudah mendapatkan sertifikasi standar uji militer MIL-STD-810G.

Guna menunjang fleksibilitas penggunanya, engsel layar bisa dibuka sampai 180 derajat. MSI juga memberikan pilihan untuk mengubah orientasi tampilan layar 180 derajat dengan menekan tombol F12 sehingga memudahkan para profesional atau pekerja saat melakukan presentasi ke klien pada posisi tepat di depan pengguna. Desain layarnya sendiri cukup menarik, sisi atas memiliki bezel yang lebih tebal dibanding kedua sisi karena area tersebut terdapat beberapa sensor kamera dan juga shutter fisik untuk menutup webcam.

Fitur Flip and Share akan membalik layar 180 derajat agar pengguna di depan bisa melihat layar tanpa harus dibalik lebih dahulu.

Meski dimensinya tipis, dukungan konektivitas sudah cukup mewakili kebutuhan komputasi modern. Pengguna akan menemui port modern Thunderbolt 4 sebanyak dua port. Meski salah satunya juga digunakan untuk mengisi daya laptop. Port lainnya mencakup satu port USB 3.2 type-A, HDMI, audio, dan microSD card reader. Hanya saja pengguna tidak akan menjumpai port ethernet RJ-45. Untuk konektivitas nirkabel sudah menyematkan teknologi terbaru yaitu WiFi 7 yang jauh lebih cepat dibanding dengan WiFi 6/6E. Koneksi bluetoothnya juga sudah yang terbaru yaitu versi 5.4.

Terdapat dua port USB type-C yang mendukung Thunderbolt 4 dimana port pertama juga berfungsi untuk pengisi daya sehingga tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lain saat terhubung dengan adaptor.

Keyboardnya berjenis chiclet yang punya tiga tingkat kecerahan dengan menekan tombol F8. Penempatan tombol keyboard cukup renggang dengan travel key 1,7mm sehingga cukup nyaman saat digunakan mengetik. Yang menjadi catatan khusus adalah penempatan tombol Power yang menyatu dengan keyboard. Posisinya pun unik yaitu dekat dengan tombol Delete yang ada di ujung kanan atas. Untuk area touchpad-nya, MSI menyebutkan bahwa ukurannya dibuat lebih besar guna kenyamanan penggunaan.

Hadir dengan desain chiclet dan desain sederhana, tombol keyboard memiliki backlit warna putih dengan tiga tingkat kecerahan.