Gamification telah menjadi tren di e-commerce platform tanah air untuk berinteraksi dengan konsumennya, khususnya saat HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional). Pasalnya, gamification dinilai mampu membuat para konsumen makin terdorong untuk beriteraksi dengan e-commerce platform tersebut. Hal itu sejalan dengan riset We Are Social yang mengatakan bahwa 83% pengguna internet Indonesia bermain gim. Informasi ini diungkap oleh Blibli.com beberapa hari lalu di Jakarta. Tak heran bila Blibli.com pun menggunakan gamification sebagai salah satu strateginya menghadapi HARBOLNAS tahun 2019 ini. Salah satu permainan yang dihadirkan adalah CAPIT (Cara Belanja Paling Irit). Konsumen yang bermain CAPIT bisa menebus produk-produk tertentu dengan potongan harga sampai 90% maupun cashback sampai 100%.
"Dua tahun terakhir ini sudah terjadi yang namanya retail gamification. Apa sih retail gamification ini? Jadi memang ternyata di Indonesia ini mereka senang playing games. Mereka senang bermain games," sebut Andy Adrian (Deputy CMO, Blibli.com)
Selain retail gamification, terdapat tiga tren di e-commerce platform tanah air sehubungan dengan HARBOLNAS menurut Blibli.com. Ketiga tren tersebut adalah pengalaman berbelanja yang mumpuni di mobile alias di ponsel pintar dan juga komputer tablet, naik daunnya grocery, dan populernya dompet elektronik. Blibli.com pun menerapkan strategi yang sesuai dengan ketiga tren tersebut melengkapi strategi gamification tadi untuk menghadapi HARBOLNAS tahun 2019 bersangkutan.
Pada pengalaman berbelanja yang mumpuni di mobile misanya, Blibli.com mengeluarkan aplikasi mobile yang lite alias ringan. Dengan aplikasi mobile lite itu, waktu loading halaman diklaim jauh lebih singkat sehingga membuat pengguna dengan ponsel pintar yang kurang mumpuni tetap bisa berbelanja dengan nyaman.
"Jadi, dengan adanya mobile lite ini, kalau kita comparing, iya kan, itu efisiensi loading-nya itu jauh lebih cepat hingga 70%," jelas Geoffrey L. Darmawan (Project Lead Blibli Histeria Syok! 2019).
Pada naik daunnya grocery alias bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya, Blibli.com sejak sebelumnya sudah menghadirkan BlibliMart. Bahkan, Blibli.com mengklaim pada HARBOLNAS 10.10 tahun 2019 lalu, BlibliMart adalah yang mengalami pertumbuhan paling tinggi dari seluruh kategori dagangan di Blibli.com dibandingkan HARBOLNAS 10.10 tahun 2018. Peningkatannya sendiri sebesar 17%.
Sementara, untuk populernya dompet elektronik, Blibli.com juga sejak sebelumnya telah mendukung dompet elektronik. Seperti BlibliMart, penggunaan dompet elektronik di Blibli.com turut meningkat pada HARBOLNAS 10.10 tahun 2019 dibandingkan HARBOLNAS 10.10 tahun 2018. Besarnya peningkatan tersebut adalah 20%.
Oh ya, meski sejatinya HARBOLNAS jatuh pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya, HARBOLNAS yang dimaksud oleh Blibli.com jatuh pada tanggal 10 Oktober 2019, 11 November 2019, dan 12 Desember 2019 yang dikenal dengan 10.10, 11.11, dan 12.12. Program CAPIT pun sudah berlangsung sejak tanggal 1 Oktober 2019 dan akan berjalan sampai tanggal 31 Desember 2019. Adapun keseluruhan program Blibli.com menghadapi HARBOLNAS tahun 2019 ini disebut dengan Histeria Syok! 2019. Seperti CAPIT, Blibli.com Histeria Syok! 2019 juga berlangsung dari tanggal 1 Oktober 2019 sampai 31 Desember 2019.
Sedikit banyak keberhasilan strategi dari Blibli.com telah terlihat pada HARBOLNAS 10.10 tahun 2019 dengan peningkatan yang diklaim sekitar 112% dibandingkan HARBOLNAS 10.10 tahun 2018. Blibli.com menargetkan pula peningkatan sebesar 250% pada HARBOLNAS 11.11 tahun 2019 dari HARBOLNAS 10.10 tahun 2019, serta peningkatan sebesar 200% pada HARBOLNAS 12.12 tahun 2019 dari HARBOLNAS 11.11 tahun 2019.
KOMENTAR