Riset terbaru Twilio menunjukkan sebanyak 92% pemasar digital di wilayah Asia Pasifik (APAC) percaya bahwa penghapusan cookie pihak ketiga dapat membantu memperkuat kepercayaan dalam iklan di antara konsumen dalam jangka panjang.
Mereka mengakui peluang dalam membangun kepercayaan yang lebih besar melalui penggunaan cara mengumpulkan data lain, terutama zero-party data dan first-party data.
Laporan Twilio bertajuk “When Consumers Control Data: How to Build Trust and Succeed in the New Digital Era”, menganalisis implikasi jangka panjang dari masa depan tanpa cookie yang dibentuk oleh preferensi dan harapan konsumen yang berubah seputar berbagi data.
Laporan ini, yang dirilis setelah laporan The Consumer Data Revolution in Asia Pacific, mencakup temuan dari 600 pemasar di organisasi atau perusahaan yang berbasis di wilayah Asia Pasifik, yaitu tepatnya di Singapura, Hong Kong, Australia, Filipina, Indonesia, dan Jepang.
Zero-Party Data Jadi Pahlawan Baru Saat Terbenamnya Cookie Pihak Ketiga
Selama beberapa dekade, cookie pihak ketiga dianggap sebagai elemen penting dalam periklanan digital.
Namun, dalam beberapa tahun terakhir, cookie pihak ketiga telah memicu keraguan karena masalah pelanggaran privasi data. Berdasarkan laporan The Consumer Data
Revolution in Asia Pacific, 42% dari para konsumen cenderung kurang bersedia untuk berbagi data dengan merek yang telah mengalami pelanggaran data yang signifikan.
Di tengah tekanan regulasi dan konsumen yang semakin meningkat untuk pengendalian yang lebih baik dan transparansi seputar berbagi data, browser web utama telah menghentikan dukungan terhadap cookie pihak ketiga, dan Google akan mengikuti langkah tersebut pada tahun 2024.
Meskipun awalnya telah menyebabkan kecemasan di antara pelaku industri periklanan, namun mereka mulai menyadari manfaat metode baru dalam mengumpulkan dan menggunakan data dapat membangun kepercayaan konsumen yang lebih kuat.
Dalam dunia pemasaran, zero-party data menjadi sangat berharga bagi para pemasar digital.
Data ini diperoleh secara aktif dari pelanggan melalui survei dan saluran umpan balik langsung lainnya.
Dengan adanya data ini, merek-merek dapat menyesuaikan upaya pemasaran mereka berdasarkan preferensi dan motivasi masing-masing konsumen, meningkatkan layanan melalui umpan balik konsumen tentang masalah tertentu, serta memperkuat hubungan dengan menciptakan rasa kepercayaan yang lebih baik.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR