Apa saja layanan berlangganan yang paling populer? Berapa banyak yang kita belanjakan untuk hiburan daring setiap bulan? Berapa banyak langganan yang dikelola pengguna secara rata-rata? Kaspersky menyajikan tinjauan pasar berdasarkan aplikasi SubsCrab, alat manajemen langganan yang membantu pengguna melacak langganan daring dan memantau biaya.
Rata-rata, pengguna mengelola 12 langganan daring, termasuk Netflix, Spotify, dan YouTube Premium layanan paling populer di seluruh dunia. Di beberapa negara, layanan lokal memimpin; misalnya, di Brasil, posisi teratas dipegang oleh platform streaming nasional, Globoplay. Layanan streaming adalah kategori yang paling banyak berlangganan, dengan 22% pengguna mendaftar untuk platform ini.
Namun, layanan multilangganan yang menggabungkan TV & film, game, internet, dan telekomunikasi, semakin populer, menarik 16% pelanggan. Kenyamanan mengakses berbagai layanan dalam satu paket lebih besar daripada kategori "Musik" dengan 8% pelanggan di seluruh dunia.
Alat produktivitas, telekomunikasi, dan layanan pengiriman merupakan kelompok langganan daring yang signifikan di luar hiburan. Microsoft 365, Adobe Creative Cloud, LinkedIn Premium, Canva, dan Discord berada di antara 20 layanan terpopuler di sebagian besar negara. Selain itu, penyedia lokal seperti telekomunikasi, pasar daring, atau layanan pengiriman menempati sisa 20 teratas di setiap negara.
ChatGPT, yang digunakan untuk bekerja dan hiburan, telah tumbuh sebesar 296 persen dibandingkan dengan tahun 2023, menjadi layanan berbasis langganan yang tumbuh paling cepat di seluruh dunia. Langganan daring lain yang tumbuh pesat adalah YouTube Premium (122 persen), Telegram Premium (73 persen), X Premium (64 persen) dan Snapchat+ (59 persen).
Mengenai langganan yang paling sering dibatalkan, Netflix, YouTube Premium, dan Spotify memimpin di sini (sisi lain dari menjadi layanan terpopuler di dunia).
Wawasan finansial
Monthly payment plans (rencana pembayaran bulanan) menjadi pilihan yang disukai oleh 76 persen pengguna, sementara 17 persen memilih langganan tahunan dan 7 persen lebih menyukai periode pembayaran lain, seperti paket mingguan atau dua tahun. Namun, pangsa langganan tahunan terus tumbuh, dari 13 persen pada tahun 2022 menjadi 17% pada tahun 2024.
Biaya rata-rata langganan daring per tahun berjumlah USD938. Turki menawarkan harga langganan rata-rata terendah sebesar USD4 per bulan, USD23 per tahun, serta paket Netflix Premium termurah: USD5 per bulan. Sebaliknya, Inggris memiliki harga langganan bulanan rata-rata tertinggi sebesar USD13, sementara Jerman memiliki harga langganan tahunan rata-rata tertinggi sebesar USD64.
“Dengan semakin beragamnya penawaran, jumlah langganan pengguna cenderung bertambah, begitu pula anggaran yang dihabiskan untuk langganan tersebut. Alat manajemen langganan yang andal dapat membantu pengguna mengatur langganan daring, mengingatkan mereka tentang langganan yang telah mereka lupakan, dan menghilangkan pembayaran yang tidak perlu," kata Kirill Yurkin, Kepala SubsCrab.
"Ini juga memungkinkan mereka untuk membatalkan layanan yang tidak diinginkan tepat waktu dan membantu mereka memilih penawaran baru yang menarik dari ribuan opsi. Ini adalah pendekatan yang cermat dan cerdas untuk mengelola layanan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita," ujarnya.
Untuk melacak langganan daring dan memantau biaya yang dikeluarkan, Kaspersky merekomendasikan SubsCrab, alat manajemen langganan yang diluncurkan sebagai bagian dari program dukungan perusahaan rintisan Kaspersky.
Baca Juga: Realme GT 7 Pro, Raja Baru HP dengan Kamera Bawah Air dan AI Canggih
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR