ALTO Network, salah satu Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) di Indonesia, memperluas kolaborasi strategis bersama MotionPay, E2Pay, dan Bank Jago. Kemitraan ini berfokus pada pengembangan layanan QRIS Merchant Presented Mode (MPM), solusi pembayaran bagi UMKM, dan sistem pengelolaan kartu (Card Management System). Langkah ini sejalan dengan Visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI).
Menurut data Bank Indonesia, transaksi perbankan digital pada Juli 2024 meningkat 30,50 persen (year-on-year) menjadi 1.845,27 juta transaksi. Transaksi QRIS bahkan mencatat pertumbuhan signifikan sebesar 207,55 persen (yoy), dengan jumlah pengguna mencapai 51,43 juta dan merchant mencapai 33,21 juta. Data ini mempertegas pentingnya sinergi strategis dalam menciptakan ekosistem pembayaran yang inklusif, efisien, dan berkelanjutan.
Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun sejak 1994, ALTO terus menghadirkan infrastruktur sistem pembayaran yang inovatif dan terpercaya. Hingga Oktober 2024, ALTO mengelola 9.177 unit ATM di seluruh Indonesia, sekaligus mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam layanan pembayaran contactless, QRIS, dan integrasi API.
ALTO juga memperluas solusi di bidang Switching Services, Managed Service Solutions, dan Business Solutions untuk mendukung ekosistem pembayaran digital yang lebih komprehensif.
Dalam kemitraan bersama MotionPay, ALTO menghadirkan layanan QRIS Merchant Presented Mode (MPM) sebagai Acquirer. Layanan ini memungkinkan merchant menerima pembayaran QRIS dari berbagai aplikasi dengan tambahan fitur seperti virtual account, disbursement, dan cardless withdrawal. Fitur-fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman transaksi yang praktis, aman, dan terintegrasi bagi pengguna MotionPay.
Selain kolaborasi dengan MotionPay dan E2Pay, ALTO juga berkolaborasi strategis dengan Bank Jago berfokus pada solusi Card Management System (CMS). Solusi ini didukung oleh jaringan internasional seperti Visa, Mastercard, dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), memastikan kenyamanan dan keamanan optimal bagi pengguna kartu sekaligus memperkuat infrastruktur pembayaran digital nasional.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR