Find Us On Social Media :

Survei NTT LTd. Ungkap Mengenai Pengalaman Pelanggan Secara Global

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 September 2021 | 12:15 WIB

Ilustrasi Contact Center

NTT Ltd. baru saja merilis Global Customer Experience Benchmarking Report (GCXBR) edisi tahun 2021, yakni sebuah survei tahunan yang menilai pengalaman pelanggan secara global.

Pengalaman pelanggan adalah terminologi yang digunakan untuk menjelaskan pengalaman yang diciptakan dari saluran penghubung pelanggan yang juga sering disebut Contact Center.

Sekarang ini, di tahun ke-24, GCXBR terbaru yang baru ini berada di titik penting untuk membantu organisasi dalam mengkalibrasi dengan cepat pengadopsian teknologi pengalaman pelanggan yang mereka punyai, di mana dalam hal ini mengungkapkan adanya kesenjangan yang signifikan dalam persepsi antara organisasi dan konsumen.

Tahun ini, NTT mewawancarai 1.359 profesional di 34 pasar global dan 14 sektor berbeda. Untuk pertama kalinya, penelitian ini juga mencakup survei suara pelanggan Voice of the customer (VoC), untuk melengkapi adanya bukti dari para profesional dengan pendapat dari panel konsumen yang terdiri dari 1.402 responden.

Mengumandangkan Kembali Tanda-tanda Positif untuk Pengalaman Pelanggan

Dalam konteks lingkungan pengalaman pelanggan yang mangalami banyak perubahan, tanggung jawab yang diberikan untuk pengalaman pelanggan telah dinaikkan ke tingkat yang jauh lebih tinggi perannya:

Organisasi sekarang berharap bahwa sebagian besar pengalaman pelanggan akan diotomatisasi dalam waktu dua belas bulan, dengan beban kerja yang ditangani oleh AI dan robotika meningkat menjadi 51% saat ini dari 32%, dan lebih dari seperlima orang yang diwawancarai melaporkan bahwa penggunaan AI atau robotika mereka menghasilkan lebih dari harapan mereka.

Melacak Persepsi Konsumen

Hal yang menggembirakan, 87% akan terus meningkatkan level penggunaan saluran digital yang dipicu oleh pandemi, sementara 38% mengatakan bahwa kualitas sistem otomatisasi pengalaman pelanggan telah mengalami peningkatan selama pandemi berlangsung.

Di sisi lain, penelitian ini juga menemukan beberapa hal yang harus diperbaiki mengenai tingkat kemajuan yang masih perlu dilakukan untuk memenuhi harapan konsumen:

Dengan adanya proyeksi di tahun depan yang menunjukkan tingginya organisasi yang mengharapkan adanya penerapan asisten berbasis AI dengan pengaktifan suara (52%), otomatisasi proses robot (48%), asisten AI berbasis web (45%), dan teknologi baru lainnya, maka dengan perkembangan ini bisnis akan terus berpotensi untuk tampil beda dengan lebih efektif untuk memecahkan tantangan yang ada pada para pelanggan.

“Penambahan data VoC tahun ini menyoroti situasi yang sangat menarik,” kata Rob Allman, selaku Vice President, Customer Experience dari NTT Ltd.

“Dengan ini, memungkinkan kami untuk melihat adanya perbedaan yang berpotensi untuk berkembang dengan bagaimana bisnis menilai kinerja mereka sendiri serta bagaimana konsumen memiliki pandangan terhadap pengalaman pelanggan. Hasil teknologi baru untuk pengalaman pelanggan ini sangat menarik, namun fokus utama harus selalu pada orang-orangnya,” tambah Rob.