Find Us On Social Media :

Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Aplikasi Pembelajaran Bahasa

By Liana Threestayanti, Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:10 WIB

ilustrasi aplikasi untuk belajar bahasa asing.

Saat ini, peran kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI) telah merasuk di tengah-tengah kehidupan kita sehari-hari. AI telah bergeser dari sesuatu yang sifatnya fiksi sains menjadi realita berbasis sains. Maka tidak mengherankan jika AI pun dapat membantu kita mempelajari bahasa asing dengan lebih efektif.

Baca juga: Apa itu Artificial Intelligence? Mari Belajar dari Petunjuk Toilet ini

Mempelajari satu (atau lebih) bahasa asing bukan hal yang mudah bagi banyak orang. Apalagi bagi mereka yang usianya sudah tidak muda lagi tapi ingin terus menambah kemampuannya dalam berbahasa. 

Menurut seorang polyglot (mampu bercakap-cakap dalam banyak bahasa) asal Kanada, Steve Kaufmann, tingkat kesuksesan dalam menguasai bahasa asing tergantung pada tiga faktor: perilaku, waktu yang dialokasikan, dan perhatian pembelajar terhadap bahasa asing tersebut.

Katakanlah, kita memiliki perilaku yang positif dan perhatian besar terhadap bahasa asing yang ingin kita kuasai, berapa lama kita harus belajar untuk mencapai kefasihan tingkat dasar bahasa asing tersebut? 

Foreign Service Institute (FSI), AS, mengelompokkan bahasa-bahasa ke dalam 4 grup besar. Dan menurut hasil penelitian FSI, dibutuhkan sekitar 480 jam untuk mencapai kefasihan dasar bercakap-cakap dalam bahasa kelompok 1 (Perancis, Jerman, Indonesia, Italia, Portugis, Rumania, Spanyol, Swahili). Namun untuk fasih berbicara dalam bahasa yang ada di kelompok 2-4, kita harus menghabiskan waktu 720 jam. 

Jika kita mampu mengalokasikan waktu 10 jam per hari untuk mempelajari bahasa asing, maka dalam waktu 48 hari kita akan mampu bercakap-cakap dengan kefasihan standar dalam waktu 48 hari untuk bahasa di kelompok 1 dan 72 hari untuk bahasa di kelompok 2-4. Jika menghitung hari libur, dibutuhkan sekitar 2 sampai 3 bulan untuk mencapai kefasihan standar tersebut. 

Dapat kita simpulkan bahwa mempelajari bahasa asing adalah sebuah kegiatan yang sifatnya time-intensive. Dan bagi sebagian orang, agak sulit untuk mengalokasikan dan mendedikasikan waktu tersebut untuk belajar. 

Baca juga : Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Lima Manfaat AI dalam Pembelajaran Bahasa Asing

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi mobile yang dapat membantu kita mempelajari bahasa asing hanya dengan menghabiskan waktu beberapa menit setiap hari dan dengan cara belajar yang fun. 

Jangan khawatir karena saat ini ada banyak aplikasi mobile yang dapat membantu kita mempelajari bahasa asing hanya dengan mendedikasikan beberapa menit setiap hari untuk belajar.