Find Us On Social Media :

Peran Smart City dalam Mendorong Ekowisata Boon Pring Andeman di Kabupaten Malang

By Administrator, Rabu, 29 Desember 2021 | 14:15 WIB

Ekowisata Boon Pring Andeman

Semilir angin mendayu-dayu kala kami memasuki wilayah Ekowisata Boon Pring Andeman di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Rindangnya pepohonan yang didominasi oleh berbagai jenis pohon bambu turut menyapa kami di sepanjang jalan menuju area wisata.

Nama Boon Pring diambil dari dua suku kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Jawa. Boon dalam bahasa Inggris memiliki arti anugerah dan Pring dalam bahasa jawa memiliki arti bambu.

Penggunaan kata Boon juga terinspirasi dari pelafalannya yang bisa menjadi bun atau kebun. Hal ini didasari dari pengucapan masyarakat sekitar, khususnya suku Jawa yang kerap menyingkat pelafalan kebun menjadi bon.

Sehingga, Boon Pring dapat diartikan secara luas sebagai anugerah bambu. Atau dalam artian sempit, Boon Pring dapat diartikan sebagai kebun bambu belaka.

Namun, jauh sebelum Ekowisata Boon Pring Andeman berdiri, wilayah ini sejak dahulu memang kaya akan tanaman bambu.

Diketahui nenek moyang masyarakat Desa Sanankerto kerap menanam berbagai jenis pohon bambu sejak lama.

Hal ini diamini oleh Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sanankerto, Samsul Arifin. Samsul bercerita, di Desa Sanankerto terdapat puluhan jenis tanaman bambu yang dapat dinikmati.

Terlebih, kala masyarakat sekitar melakukan penanaman massal pada tahun 1983.

“Dulu, di daerah ini ada konservasi lingkungan yang diinisiasi oleh warga sekitar. Alhasil, karena sejak lama di daerah ini sudah kaya akan pohon bambu. Masyarakat pun akhirnya menambah populasi tanaman bambu di desa ini,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai dosen ini," jelas Sanankerto.

Selain menanam pohon bambu, waktu itu masyarakat sekitar juga membuat embung atau penampungan air.

Embung dibuat karena pohon bambu memiliki karakteristik penyerapan air hujan yang tinggi. Sehingga, air yang diserap dapat langsung mengalir ke penampungan yang tersedia.

Awal Mula Berdiri