Laporan terbaru yang dirilis oleh perusahaan HID mengungkapkan enam tren industri keamanan dan identitas digital di tahun 2024.
Laporan ini mengumpulkan 2.600 respons dari para mitra, end user, dan pelaku bidang keamanan dan IT dari seluruh dunia (termasuk responden dari Indonesia), yang berlangsung pada Q4 2023. Mereka berasal dari beragam posisi dan ukuran perusahaan yang mewakili 11 industri bisnis.
Laporan Industri Keamanan dan Identitas 2024 ini menggali hal apa saja yang menjadi perhatian atau kepedulian industri sehingga mendorong hadirnya inovasi dan teknologi baru, yang dapat membantu para pemimpin industri untuk proaktif beradaptasi terhadap tantangan yang terus berkembang.
Prabhuraj Patil, Commercial Director, Physical Access Control Solutions, ASEAN & Subkontinen India HID mengatakan, “Untuk di Indonesia, beberapa tren yang kami perhatikan cukup menonjol di antaranya adalah Mobile IDs yang perlahan namun pasti semakin diterima oleh masyarakat Indonesia. Hal ini didukung oleh koneksi selular dan penetrasi Internet yang cukup tinggi dibanding dengan populasi jumlah penduduk Indonesia.”
“Selain itu, gaya hidup masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan media digital dan pembayaran mendorong kebutuhan Mobile IDs secara berkelanjutan. Potensi pemanfaatan Mobile ID sebagai bagian dari solusi kontrol akses fisik relatif signifikan di Indonesia, namun perlu waktu bagi manajer keamanan untuk memahami bahwa sistem ini lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan sistem kontrol akses yang ada saat ini,” sambung Prabhuraj.
Lebih lanjut, survei ini mengungkap enam tren utama yang di antaranya:
1. Identitas digital diperkirakan akan banyak digunakan dalam 5 tahun ke depan
Dengan semakin luasnya penggunaan perangkat selular, berbagai kesempatan untuk memanfaatkan identitas digital pun turut bermunculan.
Dalam 5 tahun yang akan datang, para responden end user mengaku bahwa sekitar 80% organisasi atau perusahaan akan menerapkan identitas digital.
Bahkan, para mitra di industri ini merasa lebih optimis dengan menyatakan bahwa 94% pelanggan atau client mereka akan segera menggunakan identitas digital.
2. Perkembangan otentikasi multifaktor semakin luas, meskipun penerapan Zero Trust walau perlahan, namun terus tumbuh
Lebih dari 83% responden end user mengatakan, saat ini, organisasi mereka telah menggunakan otentikasi multifaktor (MFA), terutama disebabkan karena rentannya sistem penggunaan kata sandi (password).
Bagi banyak responden, hal ini menjadi langkah awal dari perjalanan panjang menuju penerapan Zero Trust, yaitu sistem keamanan yang standarnya menerapkan pemahaman untuk tidak percaya kepada siapapun – baik itu pihak internal maupun eksternal – sehingga selalu meminta verifikasi terlebih dahulu.
Menurut survei, pendekatan Zero Trust ini telah diterapkan pada 16% organisasi yang memiliki lebih dari 100.000 karyawan dan 14% pada organisasi dengan jumlah karyawan 10.000.
Dengan semakin meluasnya penggunaan MFA, maka masa penggunaan kata sandi diantisipasi akan semakin berkurang.
Pengembangan standar baru seperti FIDO (Fast Identity Online) yang menggunakan "teknik kriptografi public-key untuk menyediakan autentikasi yang anti serangan phishing", akan membuka jalan menuju opsi autentikasi baru dan lebih aman yang akan menjadi bagian dari arsitektur Zero Trust yang lebih kuat.
3. Keberlanjutan menjadi pendorong utama dalam pengambilan keputusan bisnis
Para responden survei HID ini menyatakan bahwa keberlanjutan terus menempati peringkat teratas prioritas bisnis.
Para mitra dan end user rata-rata memberikan peringkat Penting di angka “4”, dari skala 1-5.
Selain itu, 74% end user menunjukkan bahwa pentingnya keberlanjutan telah meningkat selama setahun terakhir.
Lalu, 80% mitra melaporkan tren ini juga menjadi semakin penting di antara pelanggan mereka.
Sehingga, tidak menutup kemungkinan akan adanya penekanan secara kontinu akan solusi-solusi yang meminimalisir penggunaan energi, mengurangi pembuangan limbah, dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya.
Peralihan ke solusi berbasis cloud dan peningkatan penggunaan perangkat selular merupakan 2 (dua) strategi yang jelas untuk mencapai tujuan keberlanjutan ini.
4. Momentum biometrik semakin mengesankan
Pada survei tahun ini, 39% installer dan integrator mengatakan pelanggan mereka menggunakan fingerprint (sidik jari) atau palm print (telapak tangan), dan 30% responden mengaku memanfaatkan facial recognition.
Momentum ini terus meningkat ketika 8% responden berencana untuk menguji atau menerapkan salah satu bentuk biometrik pada tahun depan (2024). Lalu, 12% responden juga berencana melakukannya dalam 3-5 tahun ke depan.
5. Manajemen identitas mengarah pada penggunaan cloud
Hampir separuh end user sedang beralih ke manajemen identitas berbasis cloud, di mana 24% responden mengaku telah menggunakannya dan 24% lainnya sedang berproses menuju sistem tersebut.
Para mitra industri mengatakan bahwa pelanggan mereka menghadapi beberapa kendala, termasuk ketergantungan pada peralatan lama/on-prem (28%), kurangnya anggaran (24%), dan identitas berbasis cloud tidak menjadi prioritas kegiatan bisnis (21%).
6. Munculnya AI untuk penggunaan analitik
Percakapan mengenai AI telah mendominasi lanskap bisnis dan banyak profesional bidang kemanan yang melihat bahwa kemampuan analitik AI dapat dengan mudah dicapai.
Daripada mengandalkan AI untuk menginformasikan sistem keamanan secara keseluruhan, kita dapat memanfaatkan kemampuan analitik untuk mengoperasionalkan AI demi hasil yang cepat didapat.
Dalam skenario ini, 35% end user mengaku akan menguji atau menerapkan beberapa kemampuan AI dalam 3-5 tahun ke depan.
Sedangkan, 15% responden juga mengaku telah menggunakan biometrik yang mendukung AI.
“AI pun semakin menjamur di Indonesia seiring bertumbuhnya perusahaan startup di bidang teknologi. Sehingga, per 2023, Indonesia pun termasuk dalam 3 besar negara yang mengakses aplikasi AI di dunia, setelah Amerika Serikat dan India,” pungkas Prabhuraj.
Baca Juga: HID Global Implementasikan Mesin Pembaca Kartu Identitas di Dua Bank Anggota HIMBARA
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR