Find Us On Social Media :

Lima Tren Customer Experience dan Komunikasi Omnichannel di 2023

By Rafki Fachrizal, Senin, 30 Januari 2023 | 11:45 WIB

Ilustrasi Customer Experience.

Platform komunikasi cloud global Infobip mengungkapkan lima tren teratas dalam Customer Experience (CX) dan komunikasi omnichannel di tahun 2023.

Menurut firma riset pasar global Forrester, pengalaman pelanggan yang lebih baik dapat menghasilkan pertumbuhan pendapatan yang lebih tinggi.

Di saat dunia memasuki iklim ekonomi yang lebih menantang, Infobip menyarankan bisnis maupun brand untuk berfokus pada lima tren berikut guna memberi kepuasan kepada para pelanggan dan mempertahankan keunggulan yang kompetitif di tahun ini.

1. Platform teknologi yang composable akan meningkatkan kecepatan dan skala

Dalam kondisi pasar yang semakin sadar akan biaya, bisnis dan brand akan mencari platform teknologi yang composable atau dapat disusun untuk bisa mengurangi waktu implementasi dan memberikan transformasi lebih cepat.

Menurut survei Accenture yang dilakukan pada 4.053 eksekutif c-suite, sebanyak 50 persen perusahaan telah bertransformasi dengan sangat cepat selama dua tahun terakhir.

Untuk menghadapi perubahan cepat ini, bisnis dan brand perlu mengadopsi platform teknologi plug-and-play yang composable.

Solusi yang dapat dioperasikan tersebut akan memungkinkan bisnis, brand, maupun organisasi untuk mengintegrasikan kemampuan baru dengan cepat melalui integrasi yang mudah, meningkatkan waktu untuk memberikan dampak sekaligus mengurangi biaya infrastruktur dan jadwal implementasi.

Data dari Accenture menunjukkan bahwa bisnis dan brand yang memiliki interoperabilitas tinggi membuka pertumbuhan pendapatan hingga lima poin persentase tambahan dibandingkan perusahaan dengan interoperabilitas yang rendah atau tidak memiliki sama sekali.

Platform teknologi yang composable akan mendorong inovasi dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan transformasi digital yang lebih cepat dan luas.

Misalnya, integrasi Infobip dengan Adobe Marketing Cloud memungkinkan perusahaan untuk terlibat dengan pelanggan mereka melalui SMS dan platform WhatsApp, yang memastikan jangkauan global dan tingkat pengiriman yang tinggi.

2. Hyper automation dan intelligent bot akan menghasilkan efisiensi

Otomatisasi dapat hadir dalam berbagai bentuk, tetapi terobosan dalam pengalaman pelanggan adalah adopsi dan penskalaan bot otomatis.